Resep DIY Masker Kopi untuk Wajah

Siapa sih yang gak suka kopi? Bisa dipastikan, sebagian besar dari kamu pasti menyukainya. Apalagi, penyajian kopi zaman sekarang sudah beragam. Banyak coffee shop kekinian yang tersebar di berbagai kota.

Eits, tapi tahukah kamu kalau kopi gak cuma nikmat untuk diminum dan mengusir kantuk? Melainkan juga memiliki manfaat yang bagus buat kesehatan dan kecantikan kulit wajah sebagai masker. Ya, menurut studi dari International Journal of Dermatology, kopi memiliki korelasi yang bisa membantu melindungi kulit manusia dari photoaging.

Penasaran bukan dengan manfaat lain dari kopi untuk kulit wajah selain yang sudah kami sebutkan di atas dan cara membuat masker kopi untuk wajah? Artikel ini akan memberikan ulasannya untuk kamu. Simak ya!

Manfaat Masker Kopi untuk Wajah

Banyak manfaat dari masker kopi untuk wajah. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Kulit yang sering terpapar dengan sinar matahari secara langsung pasti akan menimbulkan masalah-masalah tertentu. Misalnya saja mulai muncul bintik-bintik tanda penuaan di kulit wajah.

“Kita pasti ingin menolak penuaan. Apalagi penuaan dini di usia yang masih muda”.

Nah, salah satu kandungan kopi yaitu polifenol, mampu buat membantu melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari yang mengandung UV (ultraviolet) penyebab penuaan. Bahkan dalam sebuah studi menjelaskan bahwa partisipan dengan kadar polifenol tinggi dari kopi maupun sumber lain, memiliki bintik-bintik penuaan di wajah yang lebih sedikit.

2. Mengobati jerawat

Gak hanya mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Nyatanya, kopi juga bisa mengobati jerawat. Ya, karena ada kandungan asam klorogenat dan anti-inflamasi di dalamnya yang bisa memerangi bakteri penyebab jerawat dan menyamarkan bekas jerawat.

3. Tinggi antioksidan

Kulit sangat memerlukan antioksidan. Dengan antioksidan, kulit bisa menangkal radikal bebas yang membuatnya cepat menua dan menimbulkan berbagai permasalahan.

Meskipun tubuh memproduksi antioksidan sendiri, tetapi seiring bertambahnya usia produksi antioksidan dalam tubuh akan berkurang. Makanya, masker kopi ini cocok digunakan sebagai tambahan antioksidan.

4. Mengurangi sel-sel kulit mati

Tahukah kamu, kalau membersihkan wajah aja gak cukup menggunakan sabun muka. Kamu juga memerlukan scrub sebagai deep cleaning agar sel kulit mati dan kotoran benar-benar terangkat. Sebab, kalau tidak, kulit akan menjadi kusam.

Masker kopi bisa menjadi scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam. Juga bisa melancarkan aliran darah yang akan membuat kulit wajah semakin cerah.

5. Menyamarkan mata panda

Hayo, siapa yang sering begadang sampai muncul mata pandanya? Gak enak dipandang bukan kalau seperti ini?

Untuk mengatasi mata panda, kamu bisa menggunakan masker kopi. Sebab, kandungan kafeinnya dipercaya bisa membantu memperlebar peredaran darah yang ada di area mata agar gak muncul lingkaran gelap di area mata.

6. Mengencangkan kulit

Masker kopi untuk wajah bisa banget membantu mengencangkan kulit. Ini karena kopi bisa membantu memperlancar aliran darah. Aliran darah yang lancar bisa meningkatkan produksi kolagen. Hasilnya, akan memberikan elastisitas dan kekuatan pada kulit. Kulit wajahmu akan tampak lebih sehat dan kencang.

7. Mengatasi komedo

Sudah melakukan berbagai macam perawatan, tapi komedo gak kunjung hilang? Cobalah untuk memakai masker kopi untuk wajah kesayanganmu.

Baca Juga: Daki Menghitam Hilang, Kulit Bersih dan Glowing dengan Bahan Alami Ini!

Cara Membuat Masker Kopi

Cara Mambuat Masker Kopi untuk Wajah

Bagaimana cara membuat masker kopi untuk wajah? Caranya mudah banget. Kamu bisa membuatnya di rumah. Namun pastikan kamu menggunakan biji kopi asli yang sudah ditumbuk halus, yang dicampur dengan pelarut alami bersifat non komedogenik, seperti minyak zaitun ya. Inilah cara membuatnya:

Sebenarnya ada banyak campuran yang bisa digunakan untuk membuat masker kopi, gak cuma minyak zaitun. Diantaranya adalah madu, susu, hingga jeruk nipis yang cocok untuk kulit berminyak.

Baca Juga: Cara Memakai Lulur Purbasari dengan Tepat Buat Hasil Maksimal

Efek Samping Masker Kopi untuk Wajah

Biar hasilnya maksimal, pakai saja masker kopi tersebut setiap hari. Jangan ya. Masker kopi sangat tidak disarankan untuk dipakai setiap hari. Inilah beberapa efek samping atau bahaya masker kopi untuk wajah yang mungkin saja muncul.

1. Reaksi alergi

Semua produk perawatan kulit memiliki potensi alergi, termasuk masker kopi alami ini. Alergi muncul karena reaksi sistem kekebalan tubuh. Saat kopi menyentuh kulit, imun bisa menganggap senyawa kopi berbahaya. Akhirnya muncul gatal, kemerahan, kulit kering, hingga bentol-bentol.

2. Iritasi

Iritasi kulit biasanya muncul akibat tekstur dari butiran kopi yang kasar. Jika kamu mengoleskan masker kopi ke wajah dengan gesekan yang keras, itu bisa mengikis lapisan alami atau skin barrier kulit. Sensasi perih, kemerahan, hingga luka menandai terjadinya iritasi kulit.

3. Bercak kehitaman

Ketika luka maupun iritasi akibat masker kopi mulai sembuh, kulit biasanya tidak mulus begitu saja. Akan ada bercak kehitaman yang membekas. Inilah efek samping dari penggunaan masker kopi secara berlebihan.

4. Infeksi kulit

Efek samping penggunaan masker kopi yang paling parah bisa berlanjut ke infeksi kulit. Luka yang sulit sembuh, seperti ruam, bengkak, nyeri, kemerahan, nanah, hingga gatal akibat masker kopi itu bisa menimbulkan infeksi.

Itulah manfaat masker kopi untuk wajah dan cara membuatnya secara DIY! Jangan lupa untuk menggunakan sesuai aturan ya agar manfaatnya bisa terasa, bukan justru efek samping yang terasa.

Exit mobile version