Masker Jagung Buat Wajah! Apa Saja Manfaatnya?

Kalau mendengar kata masker wajah, mungkin di pikiranmu hanya terbayang masker avocado, masker strawberry, seperti itu. Padahal, ada juga, lho, masker jagung yang tidak kalah bermanfaat. Kaget atau biasa saja nih kira-kira? 

Daripada penasaran, langsung aja cek artikel ini ya! Kami akan memberikan ulasan tentang manfaat masker dari jagung jagung yang bagus buat kulit wajahmu, tanpa kamu harus merogoh kocek dalam-dalam buat membeli skincare mahal. 

Kandungan Masker Jagung

Banyak yang belum tahu kalau jagung dapat diolah menjadi masker wajah. Mungkin termasuk kamu yang selama ini hanya menjadikan jagung sebagai bahan olahan makanan, kamu perlu tahu sisi lain dari jagung yang bisa dijadikan masker wajah. 

Jagung mengandung air sebanyak 30 persen yang menyimpan banyak nutrisi. Kandungan ini efektif buat melembabkan kulit wajah. Wajah bisa semakin sehat dan kenyal tentunya. 

Selain itu, jagung juga kaya akan karotenoid, flavonoid, antioksidan, protein, mineral, vitamin A, B3, C, dan E. Kandungan-kandungan ini bermanfaat buat menjaga kesehatan kulit wajah dan bagus buat dijadikan bahan alami membuat masker jagung.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Masker Wajah Terbaik untuk Semua Jenis Kulit

Manfaat Masker Jagung

masker jagung
Masker jagung | Credit: sajiansedap.grid.id

Dari kandungan nutrisi jagung yang tinggi, tidak heran kalau dijadikan masker jagung, masker ini bagus buat perawatan wajah secara alami. Ini beberapa manfaatnya: 

1. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Kandungan karotenoid bernama Lutein dalam jagung berfungsi menjaga kulit dari paparan sinar ultraviolet. Dengan begitu, tanda-tanda penuaan, seperti kerutan halus, kusam, atau bruntusan bisa diminimalisir. 

2. Menghaluskan Kulit

Kandungan vitamin B3 dalam jagung bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan membuat kulit tampak lebih sehat dan lebih segar. Tentu, ini akan sangat bermanfaat buat kamu yang punya masalah kulit wajah kasar. 

3. Meredakan Ruam dan Iritasi Kulit

Nah, siapa nih yang sering merasa wajah ruam dan iritasi karena paparan sinar matahari? Sudah semestinya, kamu juga harus melakukan perawatan ekstra, seperti memakai masker jagung. Masker jagung bermanfaat untuk meredakan ruam dan iritasi kulit yang disebabkan oleh debu dan paparan sinar matahari.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Pada umumnya kulit wajah melakukan regenerasi setiap 28 hari sekali. Jika sel kulit mati tidak terangkat dapat membuat kulit wajah menjadi kusam. Masker jagung bermanfaat buat mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di wajah.

5. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini muncul akibat radikal bebas yang membuat kulit menjadi keriput dan tampak lebih tua sebelum waktunya. Kandungan antioksidan dalam jagung bermanfaat buat mencegah penuaan dini dan merangsang pembentukan kolagen agar kulit wajah bisa kenyal. 

6. Mengatasi Jerawat dan Bekasnya

Kandungan vitamin E yang cukup tinggi dalam jagung juga dipercaya mampu mengatasi jerawat dan menghilangkan bekas jerawat di wajah. Meski prosesnya lamban, tapi hasilnya bisa maksimal. 

7. Menghilangkan Bekas Cacar di Wajah

Sejak dahulu jagung digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas cacar di wajah. Jagung memang diketahui memiliki banyak kandungan dan nutrisi yang baik buat perawatan wajah secara alami.

Dari manfaat di atas, apakah kamu tertarik buat menggunakan masker dari jagung setiap hari? Boleh banget kalau mau membeli produk yang langsung jadi. Juga, boleh banget kalau mau membuatnya sendiri. 

Baca Juga: 10 Masker Alami Ala Korea, Glowing & Hemat Budget

Langkah-langkah Membuat Masker Jagung 

Cara membuat masker dari jagung sendiri juga cukup mudah. Ikuti tutorial berikut ya!

  1. Siapkan jagung manis yang masih muda
  2. Cuci jagung sampai bersih
  3. Parut satu buah jagung manis, karena cuma bijinya saja yang digunakan
  4. Tambahkan 1 sendok teh madu
  5. Aduk sampai rata, lalu oleskan ke wajah secara merata
  6. Diamkan masker jagung kurang lebih 15 menit
  7. Setelah masker kering, bilas perlahan wajahmu dengan air bersih

Wajah akan semakin terlihat bersih dan lembab. Kamu bisa menggunakannya setidaknya satu kali dalam seminggu. Kalau merasa ada reaksi kulit yang tidak nyaman, kamu bisa menghentikan pemakaian masker jagung ini atau konsultasi lebih dulu ke ahlinya, seperti dokter. 

Exit mobile version