Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat

Ada banyak aktivitas terapi yang bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya adalah merendam kaki dengan air hangat. Rutin merendam kaki dengan air hangat bisa memberikan banyak manfaat. Apalagi kalau air hangatnya dicampur dengan garam, bahkan serai. 

Apa saja manfaatnya? Kamu bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat merendam kaki dengan air hangat yang dicampur dengan garam, hingga daun serai. Berikut ulasannya!

Cara Membuat Air Garam untuk Merendam Kaki

Campuran antara air hangat dan garam bisa memberikan khasiat yang baik untuk kaki. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah di rumah. 

  1. Isi bak mandi atau baskom menggunakan air hangat. Jumlahnya bebas, sekiranya cukup untuk menutup mata kaki. 
  2. Tambahkan setengah cangkir garam epsom sebagai campurannya ke dalam air hangat. Ingat ya, bukan garam dapur, karena garam epsom dan garam dapur memiliki kandungan yang berbeda. Garam epsom sendiri memiliki kandungan dua mineral alami, yaitu magnesium sulfat dan oksigen, bukan natrium klorida sebagaimana yang ada dalam kandungan garam dapur. 
  3. Berapa lama merendam kaki dengan air hangat dan garam ini? Kamu bisa melakukannya selama 10-60 menit, setiap satu atau dua kali dalam seminggu agar manfaatnya bisa dirasa secara optimal. 

Kalau memang mau ada aroma terapi, tidak ada salahnya buat kamu menambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender atau peppermint dalam air rendaman tersebut. Setelahnya, kamu bisa membilas kaki dan mengaplikasikan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit kaki. 

Baca Juga: Cara Memakai Lulur Purbasari dengan Tepat Buat Hasil Maksimal

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat Garam

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat
Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat dan Garam | Credit: gencil.news

Jadi, apa manfaat merendam kaki dengan air hangat dan garam? Ada beberapa manfaat merendam kaki dengan air hangat garam, antara lain yaitu:

1. Menghilangkan Pegal

Setelah melakukan berbagai aktivitas, air hangat dapat merelaksasikan otot-otot kaki, tumit dan betis mu, lho. Selain itu, manfaat merendam kaki dengan air hangat juga bisa memperlancar sirkulasi darah karena air hangat dapat melebarkan pembuluh darah.

2. Meredam Nyeri dan Bengkak

Magnesium sulfat yang terkandung dalam garam epsom dapat diserap melalui kulit. Kandungan ini dapat membantu meredakan nyeri otot dan sendi serta meredakan kaki bengkak dan meradang. Namun, untuk manfaat yang satu ini masih butuh penelitian lebih lanjut.

3. Atasi Lecet pada Kaki

Garam epsom juga memiliki kandungan mineral. Kandungan mineral ini dapat membantu menenangkan dan melembabkan kulit. Jadi, ketika kamu mendapatkan kaki lecet bahkan sampai melepuh karena terlalu lama mengenakan sepatu, merendam kaki dengan air hangat dan garam bisa membantumu menyembuhkannya, lho!

4. Mencegah Infeksi Jamur

Garam epsom dapat membantu mengatur kelembaban pada kulit sehingga dapat mencegah infeksi jamur pada kaki. Garam epsom juga bisa membantu penyembuhan luka dan infeksi.

5. Mengatasi Bau Kaki

Tidak ada salahnya juga kalau kamu merendam kaki menggunakan air hangat dan garam dapur, karena kandungan natrium klorida (NaCl) pada garam dapur bersifat antibakteri. Dengan merendam selama 10-20 menit setiap seminggu sekali, itu bisa mengatasi bau kaki. 

Setelah kamu menggunakan sepatu untuk beraktivitas seharian, kamu dapat merendam kaki dengan campuran air hangat dan garam. Selain itu, kamu juga bisa memberikan sikatan halus pada kaki ataupun sela—sela jari untuk mengurangi bau kaki yang diakibatkan oleh bakteri.

6. Membuat Kaki jadi Halus

Sisa-sisa kulit mati yang ada pada permukaan kaki bisa teratasi dengan terapi ini, lho. Kamu bisa menggunakan garam laut dengan bentuk lebih kasar dan digosokkan pada permukaan kaki. Selain itu, garam ini juga bisa membantumu mengatasi kulit pecah-pecah. Jadi, manfaat merendam kaki dengan air hangat dan garam bisa membantu membuat kulit kakimu lebih halus.

7. Meredakan Stress

Penat dan stres setelah beraktivitas seharian dapat diredakan dengan melakukan terapi merendam kaki dengan air hangat dan garam. Melepas lelah dan mencegah stres menjadi salah satu manfaat merendam kaki dengan air hangat yang dicampur dengan garam.

Itu dia beberapa manfaat merendam kaki dengan air hangat dan garam. Selain campuran garam, menambah serai atau sereh ke dalam air hangat untuk merendam kaki juga bisa memberikan manfaat, lho. Untuk mengetahui manfaat merendam kaki dengan air hangat garam dan serai, kamu bisa terus menyimak artikel ini.

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat, Garam, dan Serai

Serai atau sereh digabung dengan garam tidak hanya menjadi bahan masakan. Dua hal ini memiliki khasiat sebagai obat herbal bagi penderita asam urat. Zat besi, tembaga, selenium, zink, vitamin A, B kompleks dan C, sangat bermanfaat sebagai obat.

Baca Juga: British Propolis Bantu Atasi Asam Urat

Penderita asam urat bisa mencampur air serai dan garam untuk dioleskan atau merendam bagian yang kram dan bengkak. Rendam kakimu selama kurang lebih 15 menit untuk merasakan khasiatnya. Selain itu, serai juga bisa mengatasi tumit pecah-pecah dan kering. Dengan merendam kaki menggunakan air serai, kuman dan kotoran yang ada pada kaki juga bisa terbunuh.

Itulah tadi beberapa manfaat merendam kaki dengan air hangat. Dengan metode ini kamu bisa melakukan terapi mandiri dengan mudah di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat.

Exit mobile version