Warning: Trying to access array offset on null in /www/wwwroot/prempuan.zine.id/wp-content/plugins/fs-poster/App/Providers/CronJob.php on line 59

Warning: Trying to access array offset on null in /www/wwwroot/prempuan.zine.id/wp-content/plugins/fs-poster/App/Providers/CronJob.php on line 70

Warning: Trying to access array offset on null in /www/wwwroot/prempuan.zine.id/wp-content/plugins/fs-poster/App/Providers/CronJob.php on line 80
Bahan-bahan Ini Bisa Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami, Simak Yuk! - Prempuan.com

Bahan-bahan Ini Bisa Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami, Simak Yuk!

Pori-pori yang semakin membesar menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri dan kotoran. Jika dibiarkan, kondisi itu bisa memicu berbagai permasalahan kulit wajah, seperti peradangan jerawat. 

Pertanyaannya, bagaimana cara mengecilkan pori-pori kulit agar kulit wajah sehat secara alami? Bahan-bahan ini bisa kamu gunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Simak selengkapnya!

Penyebab Membesarnya Pori-pori Wajah

Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami
Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami| Credit: health.kompas.com

Tidak hanya berasal dari penumpukan kotoran, nyatanya membesarnya pori-pori wajah juga bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini. 

1. Paparan UV berlebih

Kulit yang sering terpapar sinar UV bisa menyebabkan produksi kolagen menurun dan memicu penebalan kulit. Dampaknya, elastisitas kulit akan berkurang. Kulit akan terlihat lebih kendur dan pori-pori membesar. 

2. Pertambahan usia

Seiring bertambahnya usia, biasanya permasalahan kulit akan semakin banyak. Salah satunya pori-pori wajah akan membesar. 

3. Sering mencuci wajah

Membersihkan wajah memang harus, tetapi tidak perlu terlalu sering. Alih-alih sehat, justru dengan sering mencuci wajah, sabun wajah bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan ukuran pori-pori membesar. 

4. Makan makanan berlemak

Makanan berlemak bisa meningkatkan produksi minyak di wajah. Jika produksi minyak di wajah tinggi, maka risiko pori-pori tersumbat dan membesar juga akan tinggi. Jadi, hindari ya kalau tidak ingin hal itu terjadi. 

5. Fluktuasi hormon

Ukuran pori-pori bisa berubah sesuai dengan fluktuasi hormon. Katakan saja pada ibu hamil. Beberapa diantaranya memiliki wajah yang terlihat lebih halus dan berseri saat hamil. Akan tetapi, beberapa lainnya justru memiliki wajah terlihat lebih kusam dan berminyak. 

Baca Juga: Resep DIY Masker Kopi untuk Wajah

Bahan-bahan untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami

Kamu bisa menggunakan bahan-bahan berikut ini kalau ingin mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Bahan-bahannya mudah ditemukan, jadi semoga bisa membantu ya. 

1. Aloe Vera

Aloe Vera | Credit: unair.ac.id

Bahan yang satu ini cukup efektif untuk mengecilkan pori-pori wajah secara alami, ialah Aloe Vera. Karena, aloe vera memiliki kandungan astringent yang bisa membantu memperkecil tampilan pori-pori di kulit wajahmu. 

Cara pengaplikasiannya cukup mudah. Kamu hanya perlu membersihkan wajah terlebih dahulu, lalu mengoleskan gel aloe vera di kulit wajah. Diamkan selama beberapa menit dan bilas bersih. 

2. Mentimun

Mentimun | Credit: editornews.pikiran-rakyat.com

Sama seperti aloe vera, mentimun juga memiliki kandungan astringent alami yang ringan. Sehingga, mentimun bisa menjadi rekomendasi untuk mengecilkan pori-pori wajah secara alami. 

Tidak hanya itu, karena kandungan air dalam mentimun yang tinggi. Maka, setelah kamu mengaplikasikan parutan mentimun sebagai masker, wajah juga akan terasa lebih segar dan lembap.  

3. Pepaya

Pepaya | Credit: www.sehatq.com

Tidak hanya enak untuk dimakan, nyatanya buah pepaya yang sudah matang juga bagus buat mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Ini karena pepaya mengandung enzim yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati di permukaan wajah. 

Kamu bisa menghaluskan beberapa iris pepaya yang sudah matang dan mengoleskannya ke wajah. Kalau mau makin lembap, kamu bisa juga mencampurkannya terlebih dahulu menggunakan madu. 

4. Minyak Argan

Minyak Argan | Credit: doktersehat.com

Beda dengan beberapa minyak lain yang mengandung lemak dan bisa menyumbat pori-pori, justru minyak argan ini bisa mengecilkan pori-pori. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Dermatology menunjukkan bahwa pengaplikasian topikal minyak argan dua kali sehari selama empat minggu bisa mengurangi sebum (minyak). 

Kamu bisa mengoleskan minyak argan ke kapas bersih dan mengusapkannya ke wajah beberapa menit sambil lakukan gerakan memutar. Lalu, bilas menggunakan pembersih atau air hangat untuk mencegah residu menempel di pori-pori kulit. 

5. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil | Credit: cmgoodov.live

Selain minyak argan, tea tree oil juga bagus digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Karena, tea tree memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang cocok untuk mengecilkan pori-pori wajah. 

Cara pengaplikasiannya cukup mudah. Kamu hanya perlu meneteskan tea tree oil ke area wajah. Pijat dengan lembut beberapa saat. Lalu, bersihkan wajah. 

6. Uap Air dan Essential Oil

Uap Air | Credit: www.halodoc.com

Pernah mencoba cara ini? Membuka pori-pori wajah sebelum dibersihkan menggunakan uap air. Kamu hanya perlu menghadapkan wajah ke uap air atau mencelupkan handuk ke air panas dan menempelkannya di kulit beberapa saat. 

Setelah itu teteskan essential oil seperti witch hazel atau bahkan tea tree oil sambil memijat dengan lembut selama beberapa saat. Bersihkan menggunakan air dingin. Maka, wajah bisa makin bersih dan pori-pori mengecil dengan optimal. 

7. Tomat

Tomat | Credit: faperta.umsu.ac.id

Bahan lainnya yang bisa membantu mengecilkan pori-pori wajah secara alami adalah tomat. Sebab, tomat memiliki kandungan astringent yang bisa membantu menghilangkan minyak berlebih di kulit yang menyumbat pori-pori. 

Kamu bisa mengambil tomat segar dan menghancurkannya dengan garpu. Campurkan dengan madu sampai membentuk pasta. Lalu, oleskan pada wajah sebagai masker dan diamkan 10-15 menit. Terakhir, bilas sampai bersih. 

Baca Juga: Masker Jagung Buat Wajah! Apa Saja Manfaatnya?

Kebiasaan Baik untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Selain mengaplikasikan beberapa bahan pilihan di atas, imbangi juga dengan kebiasaan baik agar pori-pori wajah bisa mengecil secara optimal. Ini beberapa kebiasaan baik yang bisa kamu terapkan.

1. Tidur yang cukup

Banyak penelitian menunjukkan bahwa tidur malam yang cukup bisa memperlambat penuaan dini. Sebab, waktu tidur yang terpenuhi dengan baik, bisa membantu memperbaiki proses perbaikan jaringan pada kulit secara optimal. 

2. Konsumsi air putih yang cukup

Air putih tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh, tetapi juga bagus untuk kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi air yang cukup maka nutrisi penting untuk sel-sel kulit bisa terpenuhi dari dalam dan meningkatkan produksi keringat. 

Adanya keringat, bisa mendorong kotoran yang menyumbat pori-pori keluar. Kalau sudah begitu, maka pori-pori bisa bersih dan ukurannya mengecil. 

3. Rutin membersihkan wajah

Pori-pori yang terlihat besar adalah pori-pori yang tersumbat. Maka sangat penting untuk kamu menjaga kebersihan kulit wajah dari kotoran dan sel kulit mati. Terlebih saat akan tidur, pastikan tidur dalam keadaan wajah sudah bersih dari riasan kosmetik agar pori-pori bisa bernafas. 

4. Eksfoliasi secara berkala

Kulit yang tidak tereksfoliasi dengan rutin satu sampai dua kali seminggu, maka sel kulit mati akan dan kotoran bisa menumpuk. Alhasil salah satu efeknya pori-pori wajah akan semakin membesar. 

5. Konsumsi makanan sehat

Penting juga untuk kamu mengupayakan konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Karena, kulit tidak hanya butuh perawatan dari luar, tetapi juga dari dalam. Hindari makanan yang mengandung banyak gula kalau ingin kulit lebih sehat. 

Itulah cara mengecilkan pori-pori kulit secara alami menggunakan bahan-bahan yang mudah kamu temukan. Coba aplikasikan secara rutin dan lihat hasilnya ya! Cukup dari rumah, kamu bisa mengoptimalkan perawatan wajah secara alami. 

Exit mobile version