7 Manfaat Mawar Bagi Kulit, Mencerahkan Kulit

Manfaat mawar bagi kulit memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Selain terkenal sebagai lambang cinta atau ungkapan kasih sayang dan tanaman hias, bunga mawar nyatanya juga terkenal sebagai salah satu bunga yang memiliki manfaat bagus untuk kesehatan kulit penggunanya.

Misalnya saja manfaat yang didapat terutama dari air mawar. Berdasarkan beberapa hasil riset kesehatan, air mawar memiliki kandungan senyawa phenolic atau bahan aktif yang memiliki sifat antioksidan, efek antibakteri, antivirus, antiseptik, meredakan nyeri, mengurangi peradangan, dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Manfaat Mawar Bagi Kulit

manfaat mawar bagi kulit
manfaat mawar bagi kulit | credit: https://www.winnetnews.com/

Melihat manfaat di atas, maka tidak heran jika banyak produk perawatan kulit yang memanfaatkan mawar sebagai bahan utamanya. Berikut kami akan merangkum 9 manfaat mawar untuk menjaga kesehatan kulit:

1. Mencegah jerawat

Kita sudah tahu bahwa banyak produk kecantikan kulit yang ternyata memiliki pH tinggi (basa). Padahal pH tinggi menjadi salah satu faktor munculnya jerawat.

Nah, manfaat mawar bagi kulit yang pertama adalah mencegah timbulnya jerawat akibat produk kecantikan yang kita pakai. Hal ini karena air mawar memiliki pH yang sedikit asam yang mampu mengembalikan keseimbangan pH kulit. Selain itu, juga mengandung antiseptik dan antibakteri penyebab jerawat.

Cara penggunaannya juga mudah. Cukup basahi kapas menggunakan air mawar dan usapkan ke seluruh wajah. Kamu bisa menggunakan air mawar ini sebagai toner di pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Meredakan peradangan

Manfaat mawar bagi kulit selanjutnya adalah meredakan peradangan. Hal ini karena ekstrak mawar memiliki kandungan polifenol dan flavonoid yang bersifat antioksidan dan antiradang.

Produk mawar dalam bentuk air mawar diketahui bisa mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit, sehingga diduga bisa meredakan gejala penyakit eksim dan rosacea.

Cara penggunaannya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan kapas yang telah dibasahi air mawar pada area kulit yang sedang bermasalah, baik itu kulit wajah, tangan, maupun kaki.

3. Mencerahkan kulit wajah

Manfaat mawar bagi kulit selanjutnya adalah mencerahkan kulit wajah. Hal ini karena air mawar memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E yang bisa membantu mengeksfoliasi kulit. Selain itu, juga mengandung antioksidan yang bisa meregenerasi jaringan kulit dan memperkuat sel-sel kulit.

4. Mencegah penuaan dini

Terkait hal ini, sebenarnya studi klinis yang menjelaskan bahwa manfaat mawar bagi kulit adalah bisa mencegah penuaan dini masih terbatas. Hanya saja, antioksidan yang ada dalam air mawar diduga kuat mampu untuk menangkal radikal bebas dan menghambat kerusakan yang terjadi pada kulit yang bisa membuat kulit menjadi keriput dan cepat tua.

5. Mengurangi mata panda

Rasanya hampir semua orang pernah merasakan memiliki mata panda, baik itu karena kurang istirahat atau stres yang berlarut. Nah permasalahannya, mata panda ini juga seringkali membuat kita tidak nyaman hingga menurunkan sifat rasa percaya diri.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa memanfaatkan mawar sebagai solusi mengurangi permasalahan mata panda. Kamu hanya perlu menaruh kelopak mawar atau menggunakan bola kapas yang direndam air mawar, kemudian meletakkannya di sekitar lingkaran mata panda agar area sekitar mata yang menghitam bisa berkurang. Kamu bisa melakukan cara ini setiap hari menjelang waktu tidur.

6. Mencerahkan warna bibir

Manfaat mawar bagi kulit selanjutnya yang bisa kamu rasakan adalah bunga mawar ini bisa mencerahkan warna bibir yang gelap. Bahkan bisa membuat kesan merah merona dan lembab alami.

Cara penggunaannya cukup mudah. Kamu hanya perlu membuat pasta dari kelopak bunga mawar segar yang dicampur dengan satu sendok susu krim dan beberapa tetes madu. Oleskan pasta tersebut di bibir dan diamkan selama 15 hingga 20 menit, kemudian bilas dengan air.

7. Mengatasi peradangan kulit

Umumnya peradangan terjadi ketika tubuh terkena paparan zat kimia, iritan, atau infeksi virus. Peradangan ini bisa diatasi salah satunya dengan menggunakan produk yang memiliki sifat anti-inflamasi. Sementara, selain memiliki kandungan antioksidan, bunga mawar juga memiliki kandungan anti-inflamasi.

Itulah 7 manfaat mawar bagi kulit yang bisa kamu rasakan. Salah satunya mampu mencerahkan kulit wajah. Namun perlu diingat, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu menggunakannya secara rutin dan konsisten. Jika ada permasalahan kulit, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter.  

Exit mobile version