6 Cara Menghilangkan Kulit Bertekstur agar Halus

Kulit wajah halus adalah impian setiap wanita, berbeda dengan kulit wajah bertekstur yang menjadi masalah dan membuat kamu kesal. Kulit wajah bertekstur seperti kulit terasa kasar dan kering, ada bekas komedo dan jerawat seringkali menurunkan kepercayaan diri. 

Kulit wajah bertekstur biasanya timbul karena kelebihan sel kulit mati dan menumpuk di permukaan kulit. Selain penumpukan sel kulit mati, sering terkena paparan sinar matahari juga menjadi salah satu penyebab dari masalah ini. 

6 Cara Menghilangkan Kulit Bertekstur

kulit bertekstur
Kulit Bertekstur | Credit: www.ketiknews.id

Menghilangkan kulit bertekstur tidak bisa instan begitu saja, ada usaha yang perlu kamu lakukan. Tapi tenang, cara ini tidak perlu melalui serangkaian perawatan yang mahal. Cukup dengan cara-cara yang biasa kita lakukan. Apa saja itu? Yuk, simak bersama! 

1. Memperbaiki pola makan

Langkah pertama bisa dimulai dari memperbaiki pola makan, karena makanan dan minuman yang kamu konsumsi  akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh termasuk kulit wajah. Jika terbiasa makan dengan asal-asalan maka jangan berharap untuk memiliki kulit wajah yang mulus dan sehat. 

Beberapa cara untuk memperbaiki pola makan dapat dilakukan dengan mengganti kopi atau minuman manis dengan teh hijau, konsumsi sayuran dan buah secara rutin, minum air putih yang cukup, dan penting bagi kamu untuk menghindari atau mengurangi gorengan. 

2. Tidur yang cukup 

Kurang tidur membawa dampak buruk tersendiri bagi kesehatan kulit, karena dapat membuat tubuh tidak bisa mempertahankan kadar air yang dapat menyebabkan kulit terlihat kusam, tidak sehat, serta terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Karena itu penting bagi kamu untuk menjaga waktu tidur yang cukup untuk membantu dalam mengatasi kulit wajah yang bertekstur. 

Melansir dari alodokter.com bahwa tidur yang cukup bisa membuatmu terlihat lebih cantik, lho. Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika tidur dengan waktu yang cukup setiap malamnya yaitu bisa membuat berkurangnya kantung mata dan garis-garis halus, memperbaiki jaringan kulit wajah,, dan bahkan dapat membuat kamu terlihat lebih muda  nih.

3. Menggunakan sunscreen

Sebuah fakta menunjukan bahwa sebagian besar kerusakan kulit pada orang-orang yang lebih tua disebabkan oleh tidak terlindunginya kulit dari sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit bertekstur dan pori-pori membesar. 

Baik di dalam atau diluar ruangan, perlindungan dari paparan sinar matahari tetap harus dilakukan. Mengingat fakta bahwa 80 % sinar UV dapat menembus kaca rumah dan jendela mobil. 

Untuk mengatasi masalah ini penting bagi kamu untuk melindungi kulit dengan tabir surya minimal SPF 30 saat berada di dalam maupun di luar ruangan. Sunscreen adalah salah satu produk skincare yang tidak boleh kamu lewatkan setiap harinya agar muka bertekstur bisa hilang dan kulit menjadi mulus kembali. 

4. Memilih skincare berbahan vitamin c

Kurang asupan vitamin C dapat menurunkan kadar kolagen dalam tubuh dan berpotensi menimbulkan berbagai masalah pada kulit, seperti kulit menjadi kasar dan kering. 

Memilih skincare berbahan vitamin C adalah salah satu cara penting untuk membantu menghilangkan kulit bertekstur sekaligus mencerahkan kulit wajahmu. Vitamin C memiliki kandungan antioksidan yang dapat berperan dalam memperbaiki tekstur kulit wajah. 

5. Membersihkan kulit bertekstur dengan double cleansing

Biasakan diri untuk membersihkan wajah dua kali sehari saat pagi dan malam hari. Setelah itu, lakukan teknik double cleansing saat membersihkan wajah. 

Pertama, menggunakan micellar water untuk mengangkat debu dan kotoran sisa makeup. Kedua, pakailah face wash sesuai kulit wajah kamu. Wajah yang bersih bisa membantu kulit untuk menyerap berbagai produk skincare dengan lebih baik. 

6. Melakukan eksfoliasi dua kali seminggu 

Lakukanlah eksfoliasi dua kali seminggu untuk membuang sel-sel kulit yang mati. Gunakanlah produk exfoliant yang lembut, karena produk pengelupasan kulit yang terlalu kasar bisa menyebabkan produksi minyak secara berlebihan dan membuat kulit menjadi rusak. Jangan lakukan eksfoliasi terlalu sering karena dapat memperburuk masalah tekstur kulitmu. 

Itulah 6 cara menghilangkan kulit bertekstur yang bisa kamu lakukan setiap harinya. Kesehatan kulit dibutuhkan perawatan baik dari luar maupun dari dalam tubuh agar menghasilkan kulit wajah yang mulus, kenyal, dan sehat seperti yang kamu impikan. 

Exit mobile version