5 Manfaat Hair Tonic Untuk Rambut

Rambut yang baik adalah rambut yang tidak hanya terlihat indah berkilau, tapi juga yang memiliki akar rambut kuat dan sehat. Inilah alasan mengapa kamu perlu mengetahui manfaat hair tonic untuk rambut.

Hair tonic adalah salah satu produk yang harus digunakan dalam rangkaian perawatan rambut. Biasanya hair tonic digunakan setelah keramas tanpa harus dibilas dengan air lagi. Merk hair tonic juga beragam. Ada yang satu paket dengan merk shamponya, ada juga yang tidak.

Manfaat Hair Tonic Untuk Rambut

manfaat hair tonic untuk rambut
manfaat hair tonic untuk rambut | credit: www.klikdokter.com

Pada dasarnya, tonic rambut dikenal sebagai produk yang berguna untuk menguatkan akar rambut. Akan tetapi, ternyata tidak hanya itu fungsi dari tonik rambut. Berikut beberapa manfaat hair tonic untuk kesehatan dan keindahan rambut :

1. Menguatkan akar rambut

Bagi kamu yang sering mengalami kerontokan rambut, cobalah menggunakan hair tonic yang mengandung lidah buaya atau ginseng. Dua bahan ini merupakan bahan alami untuk menguatkan akar rambut dan mencegah kerontokan.

Hair tonic akan membuat sirkulasi darah pada folikel menjadi lebih baik, sehingga kulit kepala menjadi lebih sehat dan akar rambut lebih kuat. Selain itu, hair tonic juga bisa membantu mencegah kerontokan dalam jangka panjang.

2. Menutrisi kulit kepala

Sama seperti kulit lainnya, kulit kepala juga membutuhkan nutrisi agar lebih sehat. Menggunakan shampo saja tidak akan mampu memberi nutrisi kulit kepala secara maksimal.

Kamu bisa menggunakan hair tonic sesuai dengan kondisi kulit kepala. Ini karena hair tonic ada banyak macamnya, seperti hair tonic khusus untuk kulit kepala berminyak, berketombe, atau bahkan untuk rambut rontok.

3. Membuat rambut lebih berkilau

Terlalu sering terkena hair dryer dan catok membuat rambut kehilangan kilau alaminya. Apalagi kalau sering diwarnai atau sering ditata menggunakan hair spray. Rambut tidak hanya kehilangan keindahan alaminya, tapi juga akan menjadi kusam dan bercabang.

Jika ini terjadi pada kamu, cobalah mengaplikasikan hair tonic selepas keramas. Terutama yang mengandung phantenol dan phytantriol. Dua bahan aktif ini akan mengembalikan kesehatan dan keindahan rambut.

4. Membantu pertumbuhan rambut lebih sehat

Memiliki rambut panjang dan sehat adalah dambaan semua orang. Namun sayangnya, ada beberapa orang yang rambutnya lama tumbuh. Jika ini terjadi pada kamu, cobalah untuk menggunakan tonic secara teratur.

Sebaiknya pilihlah tonic rambut yang menghambat pertumbuhan hormon dihydrotestosterone atau kamu bisa berkonsultasi langsung pada dokter kecantikan atau hair stylish profesional.

Untuk hasil yang maksimal, penggunaan hair tonic juga harus diperhatikan. Gunakan tonic mulai dari kulit kepala, lalu pijat secara menyeluruh. Lanjutkan dengan mengoleskannya ke seluruh rambut. Dengan cara ini, seluruh bagian rambut akan ternutrisi dengan baik.

5. Membuat rambut lebih wangi

Shampo saja tidak cukup untuk membuat rambut wangi, karena pada dasarnya wangi shampo tidak bertahan lama. Aroma wangi shampo akan segera hilang beberapa jam setelah keramas.

Lain halnya jika kamu juga mengaplikasikan hair tonic setelah keramas. Penggunaan hair tonic akan membuat rambut wangi sepanjang hari, karena setelah pemakaian tidak lagi diguyur dengan air. Terutama kamu yang sering beraktivitas di bawah sinar matahari, tonic akan membantu mempertahankan aroma wangi meski seharian harus berada di bawah sinar matahari.

6. Membuat rambut lebih lembut

Manfaat hair tonic yang terakhir adalah membuat rambut lebih lembut dan indah. Saat diraba rambut tidak terasa kaku dan kasar. Inilah yang dinamakan dengan rambut sehat alami. Ingin rambutmu seperti ini? Cobalah untuk menggunakan hair tonic secara teratur.

Itulah manfaat hair tonic untuk rambut kamu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan kamu menggunakan hair tonic yang sesuai dengan kondisi rambut dan cara pakai yang sesuai aturan ya.

Exit mobile version