5 Efek Samping Wardah Acnederm yang Patut Diwaspadai

Menggunakan skincare khusus jerawat memang bisa jadi solusi bagi kamu yang memiliki masalah jerawat. Salah satu produk anti acne yang bisa kamu gunakan adalah Wardah Acnederm series. Namun sebelum memutuskan untuk menggunakannya, penting bagi kamu untuk mengetahui efek samping Wardah Acnederm.

Wardah Acnederm merupakan produk dari Wardah yang telah diproduksi sedemikian rupa dengan formula halal, alami, dan minim efek samping. Namun karena perbedaan jenis kulit, produk ini tentu tidak selalu cocok digunakan oleh semua orang, hingga akhirnya menimbulkan efek samping bagi penggunanya. 

Beragam Efek Samping Wardah Acnederm

Efek Samping Wardah Acnederm
Efek Samping Wardah Acnederm | Credit: www.masdongo.com

Dalam satu rangkaian perawatan, Wardah Acnederm memiliki beberapa jenis produk, seperti face powder, spot head gel, blackhead balm, night cream, day cream, toner, dan foam. Sebelum memutuskan membeli, sebaiknya kamu mengetahui apa efek samping Wardah Acnederm yang biasa dialami oleh para pengguna pemula.

1. Tambah berjerawat

Bukannya menghilangkan jerawat, justru sebagian pengguna Wardah Acnederm mengalami munculnya jerawat yang semakin banyak. Munculnya jerawat ini bisa jadi sebagai tanda kalau kamu memang tidak cocok menggunakan produk ini.

Jika ingin mencoba produk ini, sebaiknya lakukan beberapa hari setelah menstruasi selesai. Karena bisa jadi jerawat yang tumbuh bukan jerawat akibat reaksi produk, tapi karena masalah hormonal yang sering terjadi ketika masa menstruasi.

2. Kulit mengelupas

Ada sebagian pengguna awal yang mengalami pengelupasan kulit saat mencoba perawatan menggunakan Wardah Acnederm. Ini wajar terjadi, karena selain menghilangkan jerawat, produk ini juga bisa mengangkat sel kulit mati. 

Jika mengalami hal ini, tetap teruskan pemakaiannya, karena ini hanya terjadi pada pemakaian pertama saja. Namun, jika masih terjadi secara terus-menerus, segera hentikan pemakaiannya. Itu tandanya kulitmu terlalu sensitif untuk menggunakan produk ini.

3. Kulit merah

Setelah kulit mengelupas, pasti akan timbul kemerahan. Sebenarnya ini juga wajar, karena efek lanjutan dari pengelupasan kulit. Selain itu, warna merah juga bisa terjadi karena terlalu lama terpapar di bawah terik matahari.

Jika kulit kamu mengalami kemerahan setelah menggunakan produk ini, coba lihat dahulu apakah disertai dengan rasa perih gatal atau tidak. Jika iya, sebaiknya hentikan pemakaiannya. Tapi jika tidak dan sifatnya hanya sementara saja, kamu bisa melanjutkan pemakaiannya, karena ini hanya sebatas efek samping sementara.

4. Perih dan panas

Ada sebagian pengguna yang merasakan perih dan panas pada bagian wajah setelah menggunakan produk Wardah Acnederm ini. Jika kamu salah satunya, lebih baik hentikan saja, karena mungkin kulit kamu tidak cocok untuk menggunakannya.

Terlebih jika rasa perih dan panas ini membuat kulit semakin tidak nyaman, segera kompres dengan air dingin atau kunjungi dokter spesialis kulit terdekat jika terus mengganggu dan membuat kulit iritasi lebih parah.

5. Gatal-gatal

Tidak hanya merasakan perih dan panas saja. Ciri lain yang menandakan bahwa kulitmu memang tidak cocok menggunakan produk ini adalah terasa gatal-gatal, hingga muncul bintik-bintik merah pada beberapa bagian.

Jika hal ini terjadi secara terus menerus, segera hentikan penggunaannya. Tapi setelah penggunaan dihentikan dan rasa gatal ini masih terasa, segera hubungi dokter kulit terdekat.

Itulah 5 efek samping Wardah Acnederm yang biasa dialami oleh pengguna pemula. Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, sehingga berbeda pula reaksi yang ditimbulkan. Selama reaksi masih wajar, itu sifatnya hanya sementara saja. Kulit mencoba beradaptasi dengan produk. Tapi jika sudah berlebihan, sebaiknya segera hentikan pemakaiannya.

Exit mobile version