Warning: Trying to access array offset on null in /www/wwwroot/prempuan.zine.id/wp-content/plugins/fs-poster/App/Providers/CronJob.php on line 59

Warning: Trying to access array offset on null in /www/wwwroot/prempuan.zine.id/wp-content/plugins/fs-poster/App/Providers/CronJob.php on line 70

Warning: Trying to access array offset on null in /www/wwwroot/prempuan.zine.id/wp-content/plugins/fs-poster/App/Providers/CronJob.php on line 80
5 Efek Samping Bedak Marcks yang Dicampur Air Mawar - Prempuan.com

5 Efek Samping Bedak Marcks yang Dicampur Air Mawar

Efek Samping Bedak Marcks

Popularitas bedak Marcks dari dulu hingga sekarang masih tinggi. Banyak wanita usia 30 ke atas dan juga remaja yang merasa cocok mengenakan produk buatan Kimia Farma ini. Meskipun diformulasi khusus untuk kulit sensitif dan berjerawat, tetapi bedak Marcks juga cocok untuk semua jenis kulit.

Manfaat bedak Marcks akan lebih terasa jika dicampur dengan air mawar. Dalam artian menjadikan bedak Marcks bukan hanya sebagai bedak Marcks untuk mempercantik riasan, tetapi juga menjadikan bedak Marcks sebagai masker untuk perawatan kulit wajah.

Namun sayangnya, baik bedak tabur maupun bedak padat marcks yang kamu campurkan dengan air mawar, memiliki reaksi yang berbeda bagi sebagian orang. Muncul efek samping di kulit wajah yang tentu kurang mengenakkan. Nah, apa saja efek samping bedak Marcks jika dicampur dengan air mawar dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya berikut ini!

Efek Samping Bedak Marcks dan Air Mawar

Efek Samping Bedak Marcks
Efek Samping Bedak Marcks I Credit : Digitaloceanspaces.com

Sudah tidak perlu diragukan lagi manfaat air mawar untuk perawatan kulit. Terlebih jika dicampur dengan bedak Marcks yang sudah ber-BPOM, sehingga dipastikan tidak mengandung bahan-bahan yang membahayakan  kulit.

Namun tidak serta merta semua orang cocok mengaplikasikan campuran tersebut untuk merawat kulit wajah. Layaknya kamu ingin memakai produk cream Wardah, merasa cocok dengan kandungan yang dibutuhkan kulit wajah, tetapi ternyata setelah diaplikasikan justru muncul efek samping cream Wardah.

Berikut ini beberapa efek samping bedak Marcks yang perlu kamu tahu saat kamu mengaplikasikannya bersamaan dengan air mawar:

1. Iritasi Kulit

Tanda-tanda efek samping bedak Marcks yang paling sering terjadi adalah iritasi kulit. Ketika kulit wajah mengalami iritasi, biasanya akan muncul rasa gatal, kemerahan, perih atau nyeri, hingga kulit semakin kering. Jika dibiarkan, iritasi kulit bisa mengganggu aktivitas harianmu.

Perlu kamu ketahui, iritasi ini seringkali terjadi di kulit sensitif. Campuran bahan aktif dari bedak Marcks dan air mawar memang tidak bisa dipastikan selalu aman saat digunakan secara terus menerus. Terlebih ada kandungan zat pewarna dan parfum di dalamnya yang bisa mengakibatkan iritasi.

Maka dari itu, jika merasa kulit mu iritasi saat mencampurkan bedak Marcks dan air mawar, lebih baik kamu hentikan dulu pemakaiannya. Kamu bisa menggunakan bedak Marcks saja, tanpa mencampurnya dengan air mawar. Karena, risiko iritasinya akan semakin kecil.

2. Efek Samping Bedak Marcks Menimbulkan Kulit Kering

Segala sesuatu yang digunakan secara berlebihan itu kurang baik, termasuk saat kamu ingin mendapatkan hasil perawatan yang maksimal dan kamu memilih untuk memakai masker dari campuran bedak Marcks dan air mawar setiap hari. Padahal keduanya mengandung bahan aktif yang juga belum bisa dipastikan keamanannya jika dipakai setiap hari.

Daripada memicu reaksi negatif atau efek samping bedak Marcks seperti kulit menjadi lebih kering, sebaiknya penggunaan masker bedak Marcks dan air mawar ini kamu lakukan 1-2 kali dalam seminggu dan cukup selama 20 menit.

Dengan interval tersebut, akan memberikan kesempatan bagi kulit wajah mu untuk bernafas dan menjaga keseimbangan minyak agar tidak berlebih atau bahkan terlalu kering.

Apalagi ada kandungan salicylic acid dalam bedak Marcks yang bisa merontokkan sel kulit mati sekaligus membersihkan pori-pori terdalam. Jika terlalu berlebihan dalam menggunakan, justru kulit akan iritasi, kering, dan lapisannya semakin tipis.

Baca Juga : 10 Manfaat Bedak Marcks, Bukan Hanya untuk Wajah loh?

3. Ruam Kemerahan

Memang tidak semua orang berpotensi mengalami efek samping bedak Marcks berupa ruam kemerahan. Namun, ruam kemerahan ini sering muncul saat kulit wajah mengalami iritasi. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

Nah, saat wajahmu terlihat iritasi dan muncul ruam merah, baik beberapa menit atau jam setelah pemakaian bedak Marcks, khususnya saat dicampur dengan air mawar, lebih baik kamu segera menghentikan pemakaiannya.

Bersihkan wajah sesegera mungkin, kemudian gunakan gel penenang seperti aloe vera gel. Rutinlah membersihkan wajah dan menggunakan gel penenang tersebut hingga ruam kemerahan menghilang.

4. Efek Samping Bedak Marcks Menimbulkan Gatal-gatal

Munculnya gatal-gatal biasanya juga bebarengan dengan munculnya ruam kemerahan di wajah. Meskipun gatal tidak mengganggu, tetapi bagi beberapa kasus, gatal yang amat sangat bisa mengganggu aktivitas.

Cegah gatal semakin parah dengan langsung membersihkan sisa masker marcks dan air mawar. Gunakan pelembab yang menenangkan dengan formula ringan. Jika pencegahan ini sudah kamu lakukan dan belum kunjung membaik, kamu bisa mengonsultasikan permasalahan efek samping bedak Marcks ini kepada ahlinya atau dokter terkait.

5. Pori-pori Menyumbat

Efek samping bedak Marcks dan air mawar selanjutnya adalah penyumbatan pori-pori kulit wajah. Formula bedak Marcks sangat lembut dan mudah masuk ke dalam pori-pori. Jika saat menggunakan masker marcks dan air mawar, namun tidak kunjung kamu bersihkan, bisa berpotensi terjadinya masalah baru seperti jerawat dan komedo.

Kamu bisa membersihkan sisa masker dengan air atau rangkaian marcks lainnya, seperti Marcks Teens Micellar Water yang dipercaya bisa mengangkat sisa-sisa masker, kotoran, bahkan make up setelah melakukan aktivitas. Dengan begitu, pori-pori akan aman, tidak tersumbat dan risiko munculnya masalah baru sangat kecil.

Itulah 5 efek samping bedak Marcks saat kamu aplikasikan bersamaan dengan air mawar menjadi masker wajah yang perlu kamu tahu.

Baca Juga : 7 Bedak Tabur Yang Bagus Dengan Harga Terjangkau

Cara Mengatasi Efek Samping Bedak Marcks dan Air Mawar

Masker Bedak Marcks I Credit : akamaized.net

Untuk meminimalkan risiko terjadinya efek samping, hendaknya kamu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Lakukan uji coba terlebih dahulu pada area belakang telinga. Jika mengalami reaksi negatif, itu menandakan kulit wajahmu tidak cocok memakai masker bedak Marcks dan air mawar. Lebih baik jangan melanjutkannya.
  2. Jika cocok, tidak lantas juga kamu bisa menggunakan secara berlebihan dan sesuka hati. Gunakan masker tersebut secara wajar, seperlunya, yakni 1-2 kali dalam seminggu.
  3. Pilih varian yang memang lebih sesuai dengan kondisi kulit wajahmu. Sebab, ada banyak varian dari bedak Marcks, seperti Marcks Classic, Marcks Breathable Smoothing Powder, dan Marcks Active. Begitupun dengan air mawar, ada banyak merk. Pilihlah yang aman dan terpercaya, yang terdaftar di BPOM, seperti Viva Cosmetics.
  4. Jika sudah terlanjur mengalami efek samping, hentikan segera pemakaiannya. Lakukan netralisir dan penenangan kulit menggunakan produk-produk seperti pelembab aloe vera yang memiliki kandungan ringan atau mengompresnya dengan air dingin.

Setelah lama tidak kunjung membaik, kamu bisa langsung mendatangi ahlinya atau dokter terkait untuk konsultasi lebih lanjut.

Setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangan. Dua kelebihan utama dari bedak Marcks sebenarnya harganya terjangkau dan kualitasnya bagus, apalagi jika diaplikasikan sebagai masker dengan mencampurnya menggunakan air mawar.

Namun, tidak semua orang cocok dengan formulasi seperti itu. Akan ada efek samping bedak Marcks yang dicampur dengan air mawar. Hal seperti ini tidak bisa kamu biarkan begitu saja. Kamu harus segera mengatasinya agar efek samping tidak semakin menjadi-jadi.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu agar lebih aware dengan adanya efek samping dari bedak Marcks yang dicampur dengan air mawar dan tahu cara mengatasinya ya!

Exit mobile version