10 Masker Alami Ala Korea, Glowing & Hemat Budget

Siapa yang tidak ingin punya kulit wajah mulus cantik dan glowing seperti artis Korea? Banyak yang mengira bahwa kulit yang glowing dan enak dilihat hasil dari perawatan salon yang sangat mahal. Benarkah demikian? Pernyataan itu tidak sepenuhnya benar. Karena ada banyak masker alami ala Korea yang bisa kamu manfaatkan.

Kabar baiknya lagi, bahan masker tersebut cukup banyak ditemukan di lingkungan sekitar. Termasuk juga bahan-bahan yang dianggap sebagai bahan yang tidak berguna. Penasaran apa saja bahan masker alami yang bisa membuat kulit terlihat lebih glowing? Baca terus artikel ini hingga selesai.

Pilihan Masker Alami Ala Korea

Seperti yang kami bilang, ada banyak masker alami ala Korea yang bisa kamu manfaatkan. Nah, agar tidak penasaran, ini pilihan masker alami ala Korea untuk perawatan wajah cantikmu :

1. Masker Tepung Gandum

masker gandum
masker gandum | credit: merahputih.com

Meski belum terbukti secara empiris mengenai manfaat tepung gandum untuk kecantikan, namun banyak juga yang memanfaatkannya sebagai masker alami. Terutama bagi kamu yang tinggal di daerah iklim panas. Selain membantu mencerahkan, tepung gandum juga bisa digunakan sebagai bedak dingin.

Cara pembuatannya cukup mudah. Ambil tepung gandum secukupnya. Lalu campurkan dengan sedikit susu dan madu hingga membentuk seperti pasta. Aplikasikan pada seluruh wajah kecuali area mata dan bibir. Tunggu hingga mengering. Angkat masker dan cuci wajah seperti biasa.

Untuk bisa mendapatkan hasil terbaik, jangan hanya menggunakannya sekali saja. Lakukan rutin seminggu dua hingga tiga kali.

2. Masker Teh Hijau

masker teh hijau | credit: health.kompas.com

Selain kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan, teh hijau ternyata juga bisa digunakan sebagai perawatan bagi wajah. Salah satunya adalah sebagai masker alami ala Korea.

Ambil teh hijau secukupnya. Lalu seduh dengan air panas. Biarkan hingga dingin. Pisahkan ampas dan airnya. Gunakan ampas teh hijau sebagai masker wajah dan gunakan airnya sebagai pencuci wajah. Asal dilakukan dengan rajin, masker teh hijau mampu mencerahkan wajah secara alami.

3. Masker Beras

masker beras | credit: bp-guide.id

Sejak jaman dahulu air bekas cucian beras banyak dimanfaatkan sebagai perawatan alami untuk wajah. Ini dikarenakan beras mengandung vitamin B yang memberi nutrisi bagi kulit.

Caranya penggunaannya sangat mudah. Tampung air bekas cucian beras. Lalu gunakan untuk membersihkan wajah. Selain mencerahkan, masker beras juga memberikan efek pendingin dan mengurangi jerawat.

4. Masker Bengkoang

Bengkoang dipercaya sebagai bahan pencerah alami wajah sejak jaman kerajaan dulu. Banyak putri keraton yang memanfaatkannya untuk menjaga kecantikan dan mencerahkan wajahnya. Kamu juga bisa mencobanya sebagai masker alami ala Korea.

Ambil beberapa buah bengkoang. Kupas kulitnya dan cuci hingga bersih. Lalu parut, peras airnya, tampung dalam wadah bersih. Diamkan semalaman hingga muncul endapan tepung bengkoang. Tepung inilah yang nantinya akan digunakan sebagai masker alami.

Kamu bisa membuang airnya. Lalu menggunakan tepungnya sebagai masker. Jika ingin mengawetkan, keringkan tepung bengkoang di bawah terik sinar matahari. Setelah kering, simpan dalam wadah bersih, kering, dan tertutup. Ambil secukupnya ketika akan digunakan.

5. Masker Yoghurt

masker yogurt | credit: merdeka.com

Selain enak untuk campuran salad buah, yoghurt ternyata juga bisa digunakan sebagai masker alami ala Korea. Ini dikarenakan yoghurt mampu merangsang pertumbuhan melanin yang akan membantu membuat kulit wajah lebih cerah.

Ambil yoghurt secukupnya. Lalu aplikasikan pada seluruh bagian wajah kecuali area mata dan bibir. Diamkan kurang lebih selama 15 hingga 20 menit. Lalu bersihkan wajah seperti biasa. Lakukan seminggu dua kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Masker Madu

masker madu | credit: lifestyle.bisnis.com

Salah satu penyebab kulit kusam dan tidak bisa terlihat glowing adalah karena tumpukan sel kulit mati. Kamu bisa menghilangkan sel kulit mati ini dengan menggunakan masker madu.

Pilih madu murni dengan kualitas baik. Aplikasikan ke wajah setelah wajah dibersihkan dengan sabun pencuci wajah. Tunggu hingga 30 menit. Angkat madu dengan menggunakan lap basah. Lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan rutin seminggu dua kali untuk hasil terbaik.

7. Masker Lemon

masker lemon | credit: popmama.com

Lemon kaya akan vitamin C yang memang diperlukan untuk menyegarkan dan mencerahkan kulit wajah. Banyak produk kosmetik pencerah yang menggunakan ekstrak lemon. Kamu bisa menggunakannya sebagai masker alami ala Korea.

Ambil lemon dengan kualitas terbaik. Peras airnya. Lalu oleskan pada seluruh wajah kecuali area mata dan bibir. Jika ada kulit wajah yang terluka, hindari juga jangan sampai terkena air lemon, karena akan terasa perih. Tunggu hingga mengering. Lalu bersihkan wajah seperti biasa.

Coba rasakan perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan masker lemon. Setelah menggunakannya kulit akan terasa lebih kencang dan segar. Ini dikarenakan lemon mengandung antioksidan yang mampu mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit kusam, keriput, kulit terasa kering, hingga flek hitam yang menutupi keindahan kulit wajah.

8. Masker Alpukat

masker alpukat | credit: gingsul.com

Kamu suka buah alpukat? Sebagai sumber kalium, vitamin B dan lemak sehat yang baik untuk kesehatan tubuh, ternyata kamu juga bisa memanfaatkan buah alpukat sebagai masker alami ala Korea.

Cara pembuatannya sangat mudah. Pilihlah alpukat yang sudah matang dengan kualitas terbaik. Campur dengan madu, outmeal, putih telur, air mawar, atau seduhan teh hijau hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pada seluruh wajah, kecuali bagian mata dan bibir. Tunggu hingga mengering dan bersihkan wajah seperti biasa. Lakukan seminggu dua kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Lidah Buaya

lidah buaya – masker alami ala korea | credit: halodoc.com

Masker alami ala Korea lainnya adalah lidah buaya. Gel lidah buaya tidak hanya baik untuk merawat kecantikan rambut. Tapi juga untuk merawat kecantikan wajah, karena daging lidah buaya memberi efek menghentikan peradangan dan memberi rasa tenang pada kulit.

Banyak juga produk kosmetik dan skincare yang mengandung ekstrak lidah buaya. Terutama untuk produk yang difungsikan untuk mengatasi masalah hiperpikmentasi dan perbaikan pada sel kulit mati.

Ambil gel lidah buaya secukupnya, lalu haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Oleskan pada seluruh wajah, kecuali mata dan bibir. Tunggu kurang lebih 20 menit. Angkat dan bersihkan wajah seperti biasa.

Kulit akan terasa lebih tenang dan di dingin setelah menggunakan masker ini. Lakukan minimal seminggu dua kali agar hasilnya sesuai dengan yang kamu harapkan.

 10. Masker Mentimun

masker mentimun | credit: jatenglive.com

Masker alami ala Korea yang terakhir adalah mentimun. Sama seperti lidah buaya, mentimun juga bisa memberikan efek menenangkan, karena metimun tinggi air, serat, vitamin C dan K. Selain itu, buah ini juga kaya antioksidan yang mampu mengurangi efek penuaan dini dan mencerahkan wajah.

Ambi mentimun secukupnya. Potong tipis-tipis. Letakkan pada wajah selama 20 menit. Gunakan secara rutin dan rasakan hasilnya. Kulit akan terasa nyaman, dingin, dan tenang.

Itulah 10 masker alami ala Korea yang mudah didapatkan dan diaplikasikan. Kamu bisa mengusahakan agar memiliki wajah glowing dan sehat ala orang Korea dengan masker-masker di atas. Pastikan juga kamu bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan tinggi nutrisi dan istirahat yang cukup, agar selalu tampak segar dan cerah.

Exit mobile version