Tubuh Ideal ala Aisyah RA, Ini Proses Membentuknya!

Tubuh Ideal Ala Aisyah RA | Credit: Unsplash

Bagi sebagian wanita, memiliki tubuh ideal layaknya tubuh ideal ala Aisyah RA, istri Rasulullah SAW merupakan sebuah dambaan. Sebab, memiliki tubuh ideal sesungguhnya bisa memberikan pengaruh pada kesehatan mental dan fisik seseorang.

Parameter tubuh ideal tidak melulu harus selalu terpaku pada berat badan. Akan tetapi, bisa juga dari massa otot. Apabila berat badan Anda lebih dari normal, namun massa otot Anda sudah cukup, hal ini bisa masuk ke dalam kategori tubuh ideal atau lebih pasnya adalah tubuh sehat.

Dari sini mungkin Anda sudah penasaran bagaimana membentuk tubuh ideal layaknya tubuh ideal ala Aisyah RA, bukan? Tenang saja, kami akan memberikan ulasannya untuk Anda duplikasi.

Proses Membentuk Tubuh Ideal Layaknya Tubuh Ideal ala Aisyah RA

Tubuh Ideal Ala Aisyah RA
Tubuh Ideal Ala Aisyah RA | Credit: Unsplash

Siti Aisyah RA atau lebih dikenal sebagai Aisyah RA memang terlahir sebagai wanita dengan paras cantik. Hanya saja, tubuh Aisyah RA tidak ideal. Saat hendak dipertemukan dengan Rasulullah SAW, tubuh Aisyah RA kecil dan kurus.

Kemudian dalam sebuah riwayat, ibunda dari Khumaira atau sebutan untuk Aisyah RA karena memiliki pipi yang kemerahan, akhirnya memberikan obat agar berat Aisyah RA naik. Sayangnya, obat-obat yang diberikan kepada Aisyah RA tidak memiliki khasiat apapun.

Hingga suatu ketika, ibunda Aisyah RA memberikan kurma dan mentimun. Hal ini dinukil dari riwayat dari Hisyam bin Urwah mengenai praktik tasmin atau bahasa Arab untuk menggemukkan badan pada zaman Rasulullah SAW.

Dalam hadits riwayat Ibnu Majah RA juga menjelaskan:

Aisyah berkata,”Ibuku mengobatiku agar aku kelihatan gemuk, saat hendak mempertemukan aku dengan Rasulullah, dan usaha itu tidak membuahkan hasil sehingga aku memakan mentimun dengan kurma basah. Kemudian aku menjadi gemuk dengan bentuk yang ideal”.

Baca Juga: Ciri-Ciri Istri Selingkuh

Khasiat Mentimun dan Kurma Dilihat Dari Kaidah Kedokteran Zaman Rasulullah SAW

Cara serupa yang dilakukan untuk membentuk tubuh ideal ala Aisyah RA juga ternyata dilakukan oleh Rasulullah SAW. Hal ini tertuang dalam sebuah hadis riwayat Tirmidzi.

Dari Abdullah bin Ja’far RA, dia berkata,”Dulu Nabi SAW makan mentimun dan kurma basah”.

Penjelasan faedah dari hadis diatas menurut Al Qurthubi juga sesuai dengan kaidah kedokteran, bahwa mentimun memiliki kandungan yang dingin. Sementara itu, kurma basah memiliki kandungan yang panas.

Apabila mentimun dan kurma dikonsumsi bersamaan, maka khasiatnya akan saling menyempurnakan. Mentimun dan kurma bisa menggemukkan dan menyehatkan badan dari yang awalnya kurus ceking menjadi lebih berisi. Dalam artian, gemuk yang ideal.

Dalam ilmu pengobatan Islam, mentimun yang memiliki nama ilmiah cucumis sativus dikenal dengan nama qitsa atau khiyar. Allah SWT menyebut sayuran ini dalam QS Al-Baqarah ayat 61, yang artinya:

Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: “Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang atasnya, dan bawang merahnya”.

Baca Juga: Ciri Wanita Setia Menurut Islam

Khasiat Mentimun dan Kurma Dari Hasil Penelitian Modern

Dari hasil penelitian modern disebutkan bahwa mentimun memiliki kandungan protein sebanyak 0,65%, lemak sebanyak 0,1%, dan karbohidrat sebanyak 2,2%. Selain itu, mentimun juga memiliki kandungan zat bermanfaat lain, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.

Adanya kandungan penting dari mentimun ini seringkali disalahpahami. Banyak yang hanya menggunakan mentimun untuk garnish yang akhirnya tidak dimakan. Padahal, dalam pembuatan salad, mentimun bisa dijadikan sebagai bahan utama. Mentimun sangat baik untuk tonik (menjaga kesehatan).

Sementara itu, kurma memiliki berbagai macam sumber vitamin dan mineral yang berkhasiat untuk tubuh. Kurma merupakan sumber gula, energi, dan serat yang baik. Kurma memiliki kandungan vitamin seperti thiamin, niacin, folat, riboflavin, vitamin A, dan vitamin K. Serta, memiliki kandungan mineral penting seperti zat besi, fosfor, kalsium, sodium, potassium, zinc, dan magnesium.

Untuk konsumsi mentimun dan kurma agar memiliki tubuh ideal layaknya tubuh ideal ala Aisyah RA, Anda bisa memakannya secara langsung maupun menghaluskannya terlebih dahulu menggunakan blender. Tergantung kenyamanan saja.

Akan tetapi, jika menghaluskannya terlebih dahulu menggunakan blender, Anda harus hati-hati. Sebab, panas yang dihasilkan dari putaran pisau blender bisa menguraikan beberapa zat gizi terutama vitamin.

Exit mobile version