Tips Lolos Seleksi Administrasi Beasiswa LPDP Tahun 2022

Tips Lolos LPDP

Tips Lolos LPDP I Credit : hdfcsales.com

Bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa LPDP pada tahun ini, ada baiknya kamu mempersiapkan persyaratan berkasnya dengan baik terlebih dahulu, pasti kamu tidak ingin gagal di tahap yang paling awal kan? sebab seleksi administrasi merupakan tahapan yang tidak terlalu sulit dilewati, jika persyaratan yang diminta oleh pihak LPDP dapat kamu penuhi dengan baik. Berikut ini prempuan.com akan membagikan tips lolos seleksi administrasi beasiswa LPDP tahun 2022, yuk langsung saja simak!

Beasiswa LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan merupakan sebuah lembaga yang bekerja di bawah kementerian yaitu Kemenkeu, Kemendikbud, dan Kemenag. Beasiswa LPDP memiliki dua program, yaitu program Magister (S2) baik dalam negeri maupun luar negeri, dan program Doktor (S3) untuk dalam negeri maupun luar negeri pula.

Baca Juga : Cara Mendapatkan IPK Bagus dan Sempurna! Penting untuk Mahasiswa Baru!

Syarat Mendaftar Beasiswa LPDP

Secara umum, kamu bisa melihat persyaratan dan tata cara pendaftaran pada booklet lpdp pada halaman ini. Ada banyak sekali jalur yang bisa kamu coba untuk mendfatar beasiswa LPDP, antara lain jalur reguler, daerah afirmasi, prasejahtera, targeted, dan jalur santri. Syarat dari masing-masing jalur tidak jauh berbeda, hanya terletak pada skor TOEFL yang diminimalkan, dan persyaratan administrasi lainnya. Untuk jalur reguler, persyaratan khususnya adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftar jenjang magister berusia maksimal 35 tahun, sedangkan doktor 40 tahun.
  2. Melampirkan surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi.
  3. Bersedia menandatangani/ menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran saat akan melakukan submit.
  4. Mengunggah dokumen IPK minimal 3,00 (skala 4,00) untuk jenjang magister. Pendaftar jenjang doktor wajib memiliki IPK minimal 3,25 pada skala 4,00.
  5. Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa inggris yang berlaku dan diterbitkan oleh ETS. Untuk skor minimal dapat dilihat pada link ini.

Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahun 2022

Tahun 2022 Beasiswa LPDP membuka dua tahap, untuk tahap 1 sudah dibuka sejak bulan Februari 2022 kemarin, sedangkan untuk tahap 2 pendaftaran akan dibuka pada Bulan Juli 2022. Berikut rincian jadwal pendaftaran beasiswa LPDP tahun 2022!

Pendaftaran Tahap 1

  1. Pendaftaran Beasiswa 25 February 2022
  2. Penutupan Pendaftaran 27 Maret 2022
  3. Seleksi Administrasi 28 Maret 2022
  4. Pengumuman Seleksi Administrasi 12 April 2022
  5. Seleksi Bakat Skolastik 18 April 2022
  6. Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik 27 April 2022
  7. Seleksi Substansi Dimulai 16 Mei 2022
  8. Seleksi Substansi Berakhir 25 Juni 2022
  9. Pengumuman Hasil Seleksi Substansi (Final) 30 Juni 2022

Pendaftaran Tahap 2

  1. Pendaftaran Beasiswa 04 Juli 2022
  2. Penutupan Pendaftaran 05 Agustus 2022
  3. Seleksi Administrasi 08 – 19 Agustus 2022
  4. Seleksi Bakat Skolastik 29 Agustus – 10 September 2022
  5. Seleksi Substansi 26 Sepetember – 04 November 2022

Baca Juga : 7 Universitas di Amerika Jurusan Bisnis Terbaik 2022!

Tips Lolos Beasiswa LPDP Seleksi Administrasi

Rencana Study LPDP I Credit : careers.mobi

1. Persiapkan dan Teliti Persyaratan Seleksi Administrasi

Persyaratan dokumen yang diminta LPDP cukup banyak, kamu tidak bisa menyiapkan semua berkas dalam satu waktu sekaligus, butuh setidaknya beberapa bulan untuk menyiapkannya, seperti sertifikat kemampuan bahasa inggris yang membutuhkan waktu lama dalam mendapatkannya. Selain itu kamu juga harus menyiapkan surat rekomendasi yang berasal dari akademisi atau tokoh masyarakat yang mengenalmu dengan baik, maka persiapkanlah jauh-jauh hari ya, supaya semuanya bisa berjalan dengan baik.

2. Perbaiki Essay dan Rencana Studi

Rencana studi dan rencana kontribusi yang jelas juga menjadi penentu kelulusan kamu dalam mendapatkan beasiswa LPDP loh. Jika kalian sudah menentukan universitas tujuan maka kalian bisa dengan mudah membuat study plan untuk essay ini. Perhatikan kaidah-kaidah penulisan seperti pembuka, isi, dan penutup kemudian juga jangan lupa untuk mencantumkan rencana mata kuliah dan jumlah SKS yang akan kamu ambil, sehingga kamu terlihat benar-benar memahami apa yang akan kamu lakukan saat lanjut studi di universitas tujuan nanti.

3. Tingkatkan Skor TOEFL atau IELTS

Sertifikat bahasa menjadi persyaratan wajib bagi kamu pendaftar LPDP. Pada tahun 2022, skor minimal yang disyaratkan LPDP untuk program luar negeri yaitu TOEFL IBT 80, IELTS 6,5, TOEIC 800 atau TOAFL 550. Untuk dalam negeri bisa memakai skor TOEFL ITP dengan skor minimal 500. Bagi kamu yang memiliki skor dibawah ketentuan tersebut, wajib untuk meningkatkannya dengan perbanyak latihan soal ya!

4. Memiliki Letter of Acceptence

Jika kalian sudah memiliki LOA maka kamu bisa mendaftar LPDP tanpa melalui seleksi bakat skolastik (peraturan tahun 2022), agar kamu bisa memahami LOA yang diakui LPDP ada baiknya kamu membaca bookletnya terlebih dahulu agar tidak mendapatkan informasi yang salah. LOA juga akan menjadi nilai plus untuk profilmu saat akan mengikuti seleksi wawancara LPDP juga loh. Nah, untuk mendapatkan LOA ini kamu wajib mencari tahu pada website kampus incaranmu.

Itulah beberapa tips lolos seleksi administrasi beasiswa LPDP tahun 2022 yang dapat prempuan.com bagikan, salam sukses dan selamat berjuang untuk mendapatkan beasiswa LPDP ya!

Exit mobile version