Stop Mencari Validasi dari Orang Lain, Lakukan 5 Hal ini!

validasi dari orang lain

Berhenti Mencari Validasi Dari Orang Lain | Credit: kompasiana.com

Sebagian besar orang akan senang jika berhasil mendapakan validasi dari orang lain. Entah itu karena penampilan fisiknya, pencapaiannya ataupun karena kemampuannya dalam melakukan sesuatu. Selain itu, adanya faktor dari sosial media yang sangat massif digunakan, membuat seolah-olah semua yang dilakukannya menjadi sangat menarik untuk diabadikan agar mendapat perhatian dari orang lain.

Tetapi, apakah kamu tahu, haus akan pengakuan orang lain juga akan berdampak buruk pada rasa kepercayaan dirimu? Kamu terlalu memikirkan perkataan orang lain, sehingga kamu mudah insecure dan overthinking. Padahal itu semua tidak bagus untuk kebahagiaanmu.

Lalu, apa yang bisa kamu lakukan agar tidak terlalu haus mencari validari dari orang lain? Yuk simak penjelasan berikut!

Dampak yang Terjadi Apabila Kamu Selalu Mencari Validasi Orang Lain

Mencari validasi dari orang lain atas apa yang telah kamu perbuat merupakan hal yang tidak baik untuk dilakukan. Secara tidak langsung kamu akan merasa mudah pamer kepada orang lain dan berharap orang lain tersebut memandang kamu sebagai orang yang hebat. Ini juga yang kemudian akan memunculkan bibit-bibit tinggi hati.

Padahal belum tentu apa yang sebenarnya kamu harapkan, sama dengan apa yang orang lain pikirkan. Dengan kamu terlalu menunjukkan hal-hal yang terkesan haus akan validasi orang lain, bisa jadi orang lain tersebut justru menganggap kamu sebagai orang yang gila pencitraan. Kamu tidak bisa menjadi manusia independen, yang merasa bodo amat akan adanya validasi dari orang lain atau tidak.

Dampak negatif lainnya jika kamu terus mencari validasiorang lain, maka akan memupuk rasa insecure. Kamu terlalu memikirkan perkataan orang lain dan membandingkan kehidupanmu dengan kehidupan orang lain. Apalagi di dunia maya, belum tentu apa yang kamu lihat itu nyata. Kamu tidak tahu bagaimana kehidupan mereka yang sebenarnya.

Cara untuk Berhenti Mencari Validasi dari Orang Lain

Melakukan kegiatan yang kamu suka dan sepenuh hati akan lebih bermakna daripada harus melakukan kegiatan yang hanya ingin mendapat validasi dari orang lain. Adanya anggapan positif dari orang lain, itu merupakan bonus untuk kamu jadikan motivasi dan penyemangat agar selalu berbenah. Begitupun adanya anggapan negatif dari orang lain, tidak masalah asalkan kamu bisa menjadi diri sendiri. Karena kamu tidak bisa menyenangkan semua orang.

Bahagiakan dirimu sendiri terlebih dahulu sebelum membahagiakan orang lain. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk berhenti mencari validasi orang lain dan membuat hidupmu lebih bahagia.

1. Fokus dengan apa yang kamu lakukan

Tengok kembali apa yang kamu inginkan dan sudah berapa banyak proses yang kamu lalui untuk mewujudkannya. Fokus dengan apa yang kamu lakukan saat ini bisa membuat hari-harimu lebih produktif. Kamu bisa lebih menghargai waktu, tidak menyia-nyiakannya dan kelak kamu akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

2. Jangan terlalu sering membuka sosial media

Sering membuka sosial media saat mengerjakan sesuatu akan membuat fokus kamu terpecah yang ujungnya waktu bisa terbuang sia-sia. Batasi dirimu agar tidak kepo terhadap kehidupan orang lain.

Jangan terlalu scroll sosial media untuk hal-hal yang tidak penting. Ingat, dunia maya bukanlah dunia yang sebenarnya. Banyak hoax yang sengaja dibagikan hanya untuk mencari perhatian orang lain.

3. Jangan suka membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Jangan terlalu menyesali atas kekurangan yang ada, hingga lupa dengan kelebihan yang dipunya.

Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain menjadi cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk berhenti mencari validasi orang lain. Fokus lah pada perbandingan dirimu sendiri, apakah hari ini sudah lebih baik dari kemarin dan apa yang mesti dibenahi kedepannya. Yakin, bahwa setiap manusia memiliki sisi terbaik yang menjadikannya istimewa di mata orang lain.

4. Terima lah dirimu dan harga apa yang ada pada dirimu

Setiap manusia memiliki jalan hidup yang berbeda. Cerita hidup kamu tidak sama dengan yang lainnya, maka terimalah dirimu seutuhnya dengan bahagia. Hargai setiap pemberian dari Tuhan karena Tuhan pasti juga telah menyiapkan hal-hal terbaik untukmu.

5. Berhentilah berharap, tidak semua orang peduli dengan apa yang kamu lakukan

Kerjakan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh, sesuai dengan versimu. Jangan terlalu berharap atas pujian orang lain. Sebab, kenyataan yang tidak sesuai harapan, mudah sekali menimbulkan rasa kekecewaan. Kecuali, jika kamu berharap kepada Tuhan.

Lakukan 5 cara di atas agar kamu bisa berhenti mencari validasi dari orang lain. Mendapat validasi dari orang lain memang sering terjadi sejak kecil dan ya, itu wajar, walau tidak akan ada habisnya. Sebab, dengan adanya vaslidasi memang bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Namun, kamu tidak boleh selalu bergantung pada validasi orang lain. Jika apa yang kamu lakukan tidak mendapat validari dari orang lain, siap-siap saja kekecewaan sudah menanti di depan sana. Bahagiakan dirimu, tanpa haus akan validasi orang lain. Karena validasi terbaik dan terpenting adalah validasi yang berasal dari dirimu sendiri.

Exit mobile version