Profil Siti Nurbaya Bakar, Menteri KLHK Perempuan Pertama!

siti nurbaya bakar

Siti Nurbaya Bakar | Credit: kumparan.com

Dr.Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc adalah seorang Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang menjabat selama dua periode, yaitu pada masa Kabinet Kerja (2014-2019) dan terpilih kembali pada kabinet Indonesia Maju (2019-2024).

Pada masa kerjanya, beliau sering mendapatkan penghargaan atas kontribusinya dalam membangun Indonesia dalam sektor lingkungan hidup dan kehutanan. Salah satunya pada hari pahlawan 10 November tahun kemarin, Ibu Siti Nurbaya mendapatkan tanda kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana dari Presiden Joko Widodo, yang merupakan tanda kehormatan bintang jasa tertinggi dari negara.

Pencapaiannya tersebut merupakan hasil tertinggi dari pengabdiannya selama puluhan tahun untuk negara. Seperti yang kamu ketahui, sebelum menjabat sebagai seorang menteri, Ibu Siti Nurbaya sudah lebih dulu mengabdi sebagai ASN di beberapa instansi. Berikut adalah profil dan segudang prestasi dari sosok Ibu Siti Nurbaya yang patut untuk kamu jadikan inspirasi!

Riwayat Pendidikan Dr. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc

Ibu Siti Nurbaya lahir di Jakarta pada tanggal 28 Agustus 1956. Beliau mengenyam pendidikan sekolah dasar hingga SMA di Jakarta.

Sebagaimana yang telah diketahui, beliau lulus dari SD Muhammadiyah III Matraman Jakarta pada tahun 1958. Kemudian melanjutkan di SMP Negeri 50 Slamet Riyadi Jakarta dan lulus pada tahun 1971. Hingga akhirnya lulus di SMA Negeri 8 Bukit Duri Jakarta pada tahun 1974. Beliau memilih melanjutkan pendidikan tingkat sarjana di Institut Pertanian Bogor dan berhasil lulus pada tahun 1974.

Seakan belum puas dengan pendidikannya, beliau melanjutkan lagi ke jenjang magister dan tiggal di luar negeri. Beliau kuliah di Internasional Institute for Aerospace Survei and Earth Sciences (ITC), Enschede, Belanda lulus pada tahun 1988. Kemudian mengambil tingkat doktoral di Institut Pertanian Bogor, kolaborasi dengan Siegen University Jerman dan berhasil menyandang gelar doktor pada tahun 1998 di usia 42 tahun.

Riwayat Jabatan Dr. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc

Seperti yang diketahui, sebelum menjadi menteri, Ibu Siti Nurbaya pernah menjabat sebagai Pegawai Negeri Sipil di Lampung selama 17 tahun. Berikut adalah riwayat jabatan dari seorang Ibu Siti Nurbaya, Pada tahun 1981-1996 menjabat di Bappeda Lampung, pada tahun 1996-1998 ditarik ke Pemda Lampung.

Pada 1998 Ibu Siti Nurbaya langsung menjabat di Departemen Dalam Negeri selama tiga tahun, kemudian menjadi tenaga pengajar dari tahun 2001 hingga sekarang. Kemudian tahun 2003 sampai dengan 2005 menjabat di Kementerian Dalam Negeri, lanjut pada tahun 2011- 2015 menjabat di Kementerian BUMN RI.

Baru pada 2013 Ibu Siti Nurbaya terjun ke dunia politik, dengan menjadi Ketua DPP Partai NASDEM dan pada akhirnya tahun 2014 hingga sekarang beliau dipercaya untuk menjadi menteri Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia perempuan yang pertama.

Wah, sangat menginspirasi sekali ya! Ibu Siti Nurbaya Bakar telah membuktikan, bahwa pendidikan yang tinggi merupakan salah satu jalan untuk menggapai kesuksesan. Semua pencapaian beliau juga diiringi dengan kerja keras, do’a serta ketulusan untuk melayani masyarakat. Sehingga beliau pantas untuk mendapatkan penghargaan tertinggi dari Presiden.

Dari uraian di atas, ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari Ibu Siti Nurbaya Bakar. Satu menjadi seorang perempuan bukanlah sebuah halangan untuk turut berperan dalam sebuah sistem pemerintahan. Bahkan beliau bisa berprestasi disamping perannya juga sebagai seorang Ibu. Semakin tinggi tingkat pendidikan seorang perempuan, maka semakin besar pula kontribusi yang akan diembannya.

Exit mobile version