Pola Makan Sehat Aisyah RA yang Bisa Anda Teladani!

Pola Makan Sehat Aisyah RA | Credit: faktualnews.co

Menerapkan pola makan sehat sudah menjadi suatu keharusan yang tidak boleh Anda abaikan. Terlebih di zaman sekarang, semakin banyak muncul penyakit asing yang tidak Anda ketahui sebelumnya. Anda bisa mencontoh pola makan sehat Aisyah RA dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Aisyah RA sendiri adalah salah satu istri Rasulullah SAW. Oleh Rasulullah SAW, Aisyah RA dinilai sebagai wanita yang cerdas, wanita yang paling banyak ilmunya di tengah umat. Selain itu, juga dikenal sebagai wanita yang cantik rupawan dengan wajah kemerah-merahan, dan memiliki tubuh ideal, sehat, serta bugar.

Pentingnya Menerapkan Pola Makan Sehat

Pentingnya Menerapkan Pola Makan Sehat
Pentingnya Menerapkan Pola Makan Sehat | Credit: Unsplash

Menerapkan pola makan sehat itu sangat penting. Hal ini dikarenakan, sehat merupakan anugerah dari Sang Pencipta kepada hambanya. Saat Anda sehat, Anda bisa berkarya, Anda bisa belajar, dan Anda bisa bekerja dengan nyaman. Sebagai bentuk syukur, hendaknya Anda senantiasa menerapkan pola hidup sehat.

Jika Anda tidak menerapkan pola makan sehat dan kurang melakukan aktivitas fisik, maka bisa menyebabkan gangguan atau risiko kesehatan global. Terlebih,  dari semakin banyak kemajuan teknologi pangan dan produksi makanan olahan, akan membuat semakin banyak makanan instan yang kurang baik untuk kesehatan. Tubuh bisa rentan terkena berbagai macam penyakit, seperti kolesterol, diabetes, kanker, dan lainnya.

Kiat-Kiat Mengikuti Pola Hidup Sehat Aisyah RA

Pola Makan Sehat Aisyah RA | Credit: www.nestle-cereals.com

Pola makan sehat Aisyah RA sebenarnya tidak murni karena inisiatif sendiri dan tidak sulit untuk diteladani. Aisyah RA menjalani pola makan sehat sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW. Yang mana, Anda juga tahu bahwa Rasulullah adalah teladan terbaik bagi umatnya.

Berikut 5 pola makan sehat yang diterapkan Aisyah RA sehari-hari:

1. Mengonsumsi Biji-Bijian Utuh

Aisyah RA dan istri Rasulullah SAW lainnya selalu mengonsumsi biji-bijian utuh atau sereal berupa gandum. Ya, Anda tidak salah membaca, biji-bijian utuh, bukan biji-bijian yang sudah dihaluskan seperti kebanyakan orang saat mengonsumsi biji-bijian.

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits:

“Dari Aisyah RA berkata, ‘Keluarga Muhammad SAW tidak pernah kenyang dari gandum halus selama tiga malam berturut-turut sejak tiba di Madinah hingga beliau wafat,”(HR. Bukhari no. 4996).

Berdasarkan penelitian, gandum utuh memiliki manfaat yang lebih bagus daripada gandum halus yang sudah digiling. Sebab, pada saat penggilingan, nutrisi yang ada di dalam gandum bisa hilang dan hanya menyisakan karbohidrat saja.

Padahal, ada banyak nutrisi yang terkandung di dalam gandum. Dalam 100 gram gandum utuh terdapat sekitar 340 kalori dan nutrisi penting, seperti 72 gram karbohidrat, 13 gram protein, 10.7 gram serat, 2.5 gram lemak, dan 0.4 gram gula.

Serta, terdapat banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin B, mangan, selenium, tembaga, dan fosfor. Gandum utuh juga memiliki kandungan antioksidan dan senyawa aktif, seperti polifenol, steril, dan asam fitat.

2. Makan Mentimun dan Kurma Basah

Pola makan sehat Aisyah RA selanjutnya adalah dengan makan mentimun dan kurma basah. Pasalnya, pola makan sehat ini sebagai bentuk ikhtiar Aisyah RA saat pertama kali akan dikenalkan oleh Rasulullah SAW.

Pada saat itu, Aisyah RA memiliki tubuh yang kurus dan ceking. Bisa dikatakan, kondisi tubuhnya kurang ideal. Ibunda dari Aisyah RA memberikan obat dan berbagai ikhtiar lain agar bisa menggemukkan tubuh menjadi lebih ideal, namun usahanya tak kunjung berhasil.

Singkat cerita, ibunda dari Aisyah RA menganjurkan Aisyah RA untuk mengonsumsi mentimun dan kurma secara rutin. Alhamdulillah, cara ini berhasil membuat tubuh Aisyah RA gemuk ideal. Sebab, ternyata mentimun dan kurma memang memiliki khasiat bagus yang saling melengkapi untuk hal tersebut.

3. Mengonsumsi Makanan Serat

Serat termasuk ke dalam jenis karbohidrat kompleks yang tidak bisa dipecah menjadi molekul oleh tubuh. Serat memiliki manfaat untuk kesehatan, seperti mampu mencegah konstipasi atau sembelit, memaksimalkan penyerapan nutrisi dari makanan, menjaga daya tahan tubuh, menjaga berat badan ideal, hingga menjaga kadar gula darah normal.

Pola makan sehat Aisyah RA yang bisa Anda terapkan adalah Aisyah RA selalu mengonsumsi serat setiap hari. Lebih tepatnya mengonsumsi kurma setiap hari. Hal ini ada dalam penjelasan sebuah hadits berikut:

“Dari Aisyah RA berkata, ‘Keluarga Muhammad tidak pernah makan hingga dua kali dalam sehari melainkan salah satunya dengan makan kurma,”(HR. Bukhari no. 6455).

Setiap 100 gram kurma, terdapat kandungan serat sebanyak 0,7 gram, protein sebanyak 0,2 gram, dan kalium sebanyak 54 gram. Sementara tubuh Anda memerlukan setidaknya 25-35 gram serat setiap harinya.

Jika Anda ingin mengonsumsi kurma sebagai asupan yang kaya akan serat, maka Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah ganjil sesuai anjuran Rasulullah SAW. Akan tetapi, jika Anda ingin mengonsumsi makanan lain yang mengandung serat, Anda bisa menemukannya dalam sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, sereal, dan oatmeal.

4. Makan Dua Kali Sehari

Pada poin sebelumnya juga sudah kami jelaskan bahwa keluarga Rasulullah SAW, yang berarti ada Aisyah RA di dalamnya, tidak pernah makan lebih dari dua kali dalam sehari. Ini karena Rasulullah memang hidup dalam kesederhanaan, walau menjadi hamba yang dimuliakan. Baik itu dari segi makanan, hingga tempat tinggal.

Keluarga Rasulullah SAW akan melewatkan waktu makan siang jika tidak ada yang bisa dimakan. Hal ini juga dijelaskan dalam sebuah hadits berikut:

“Dari Ummul Mukminin Aisyah berkata,’Rasulullah SAW ke rumahku seraya bertanya:’Apa kamu memiliki makanan?’. Saya menjawab ‘tidak’. Beliau berkata,’Kalau begitu saya berpuasa’,”.

“Dia (Aisyah RA) berkata, suatu hari beliau datang lagi kepadaku, lalu saya katakan kepadanya,”Kita diberi hadiah berupa makanan. Beliau bertanya,’Apakah itu?’. Saya menjawab,’Hais, yaitu kurma yang dicampur dengan samin dan Aqith,”.

Dia (Aisyah RA) berkata, suatu hari beliau datang lagi kepadaku, lalu saya katakan kepadanya,”Kita diberi hadiah berupa makanan,”(HR. Tirmidzi no. 666).

5. Minum Susu Secara Rutin

Pola makan sehat Aisyah RA selanjutnya adalah Aisyah RA selalu mengonsumsi susu secara rutin. Ini merupakan kebiasaan keluarga Rasulullah SAW untuk menerapkan pola hidup sehat.

Dalam sebuah hadist diceritakan:

“Dari Aisyah RA berkata,’Selama satu bulan, keluarga Rasulullah SAW pernah mengalami tak terlihat asap mengepul dari rumah-rumahnya’. Saya (Abu Salamah) berkata:’Wahai Ibu! Lalu apa yang mereka makan?”

“Aisyah menjawab:’Kurma dan air. Hanya saja beliau mempunyai tetangga yang jujur dari kalangan Anshar, mereka mempunyai kambing ternak dan merekalah yang mengirimkan susu kepadanya,”(HR. Ahmad no. 23416).

Dalam penelitian, susu memiliki manfaat yang baik sebagai nutrisi tubuh. Mengonsumsi susu sejak masa kanak-kanak, bisa menunjang tumbuh kembang si kecil. Sementara itu, mengonsumsi susu untuk dewasa, bisa membantu menurunkan risiko munculnya berbagai macam penyakit, seperti kardiovaskular dan osteoporosis.

Bagaimana menurut Anda, cukup mudah untuk meneladani pola makan sehat Aisyah RA, kan? Membiasakan diri untuk hidup sehat tidak harus mahal, yang penting nutrisinya tercukupi. Itu juga yang dilakukan oleh Aisyah RA.

Exit mobile version