Mau Tahu Cara Anak Cepat Jalan? Ikuti Tips Ini!

Tumbuh kembang Si Kecil pada dasarnya sama. Hanya saja, terkadang berbeda. Misalnya saja pada usia 12 bulan ke atas, rata-rata Si Kecil sudah bisa berjalan tanpa bantuan. Namun, yang lainnya belum bisa. Lalu, bagaimana cara anak cepat jalan?

Bunda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Sebab, perbedaan ini wajar. Namun, bunda tidak bisa tinggal diam. Ada beberapa hal atau cara anak cepat jalan yang bisa juga bunda aplikasikan untuk mendukung Si Kecil cepat jalan, menginjakkan maupun melangkahkan kaki. 

Cara Anak Cepat Jalan

cara anak cepat jalan
cara anak cepat jalan | credit: www.grid.id

Dikutip dari Pregnancy, Birth, dan Kekuatan, Si Kecil akan mengasah kekuatan otot tubuh secara bertahap pada tahun pertama. Kemampuan ini dimulai dari belajar duduk, belajar berguling, berdiri, hingga akhirnya bisa berjalan. 

Namun, tidak menutup kemungkinan kemampuan Si Kecil yang satu dengan lainnya berbeda. Bunda tidak perlu khawatir jika Si Kecil membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa berjalan. Selama tidak terlihat memiliki kelainan fisik, Si Kecil biasanya terlambat berjalan hanya beberapa bulan saja. 

Nah, berikut ini adalah beberapa tips atau cara anak cepat jalan yang bisa bunda terapkan sesuai dengan perkembangan Si Kecil:

1. Membantu Si Kecil Belajar Duduk

Melatih Si Kecil belajar duduk adalah tahap awal sebelum bunda mencari cara anak cepat jalan sendiri. Pada tahap ini, biasanya terjadi di usia 3 hingga 6 bulan pertama. Si Kecil mulai berpegangan pada sesuatu atau bersandar pada bantal, dinding, dan tangan bunda. 

Bunda bisa membantu Si Kecil pelan-pelan agar bisa duduk, walaupun masih harus dengan bantuan. Pembiasaan cara ini berguna untuk mendorong dan memperkuat otot punggung Si Kecil. 

2. Melatih Si Kecil Menumpu Berat Tubuhnya pada Kaki

Pada saat Si Kecil menginjak usia 3 bulan 3 minggu, Si Kecil akan terlihat menggunakan kakinya untuk menumpu berat tubuhnya. Hal ini merupakan serangkaian proses cara anak cepat jalan sendiri. Berat tubuh yang dapat ditumpu dengan baik oleh Si Kecil dapat melatih Si Kecil berdiri sempurna tanpa terjatuh. 

3. Memotivasi Si Kecil agar Mengangkat Tubuh untuk Berdiri

Dari posisi duduk ke berdiri, Si Kecil harus mampu mengangkat tubuhnya agar bisa berjalan dengan baik. Perkembangan ini biasanya terjadi saat usia Si Kecil 8 bulan. Ketika bunda sudah menerapkan cara anak cepat jalan yang satu ini, Si Kecil akan terlihat lebih lincah tepat di usianya yang memasuki 9 bulan. 

Pada tahap ini adalah momen yang pas untuk mengajarkan Si Kecil menciptakan keseimbangan dan akhirnya terbiasa dengan posisi berdiri. Bunda bisa menarik tubuh Si Kecil yang telah bersiap dalam posisi berdiri. Pun juga mengajari Si Kecil bagaimana menekuk lutut untuk kembali ke posisi duduk saat Si Kecil ingin kembali duduk. 

4. Melatih Keseimbangan Tubuh Si Kecil Saat Berdiri

Cara anak cepat jalan selanjutnya yang bisa bunda lakukan adalah dengan melatih keseimbangan tubuh anak saat berdiri. Biasanya, pada usia 7 bulan, Si Kecil sudah mulai belajar berdiri, meski harus berpegangan tangan pada tembok, tiang, atau menggandeng tangan agar tidak jatuh. Namun, pada usia 11 bulan, biasanya Si Kecil sudah mulai bisa berdiri tanpa berpegangan hingga 2 detik. 

5. Memuji Langkah Pertama Si Kecil

Disaat Si Kecil dapat berdiri tanpa bantuan, ini menandakan kalau Si Kecil sudah mulai memiliki keseimbangan yang baik sebagai bekal menuju langkah pertamanya. Nah, langkah pertama ini jadi momen yang cukup penting bagi Si Kecil. Maka, jika bunda melihat Si Kecil bertumbuh seperti ini, bunda bisa memberikan pujian dan dorongan agar Si Kecil lebih semangat untuk belajar berjalan. 

6. Belajar Jalan Lewat Olahraga

Cara anak cepat jalan yang berikutnya yang bisa bunda terapkan adalah dengan mengajak Si Kecil olahraga, seperti melatih kaki menendang-nendang air, berenang, atau lainnya. Biasanya ini dilakukan saat Si Kecil berusia 11-15 bulan. Tujuannya, untuk melatih otot Si Kecil agar semakin kuat saat digunakan untuk berjalan. 

Baca Juga: 4 Cara Membuat Patung dari Plastisin, Sederhana Loh!

Dukung Asupan Gizi Si Kecil agar Cepat Berjalan

gizi untuk anak cepat jalan | credit: pantirapih.or.id

Tidak hanya menerapkan cara anak cepat jalan di atas saja, bunda juga perlu mendukung asupan gizi Si Kecil agar bisa cepat berjalan. Berikut beberapa asupan gizi Si Kecil:

Susu

Produk makanan dari susu, seperti keju, mentega, yoghurt, dan lainnya merupakan bagian yang cukup penting dari makanan harian Si Kecil. Hal ini karena produk olahan susu memiliki kandungan kalsium tinggi yang bisa membuat tulang Si Kecil kuat dan sehat. Selain itu, juga memiliki kandungan protein untuk pertumbuhan otot. 

Sayuran

Bunda bisa memilih sayuran yang kaya akan kalsium dan serat, seperti brokoli, bayam, ubi jalar, dan kacang panjang. Jika Si Kecil tidak mau makan sayuran, bunda bisa melumatkan sayuran dan ditambahkan ke dalam sup. 

Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C yang berperan baik dalam penyerapan kalsium ke dalam tubuh. Buah ini bisa bunda berikan kepada Si Kecil yang tidak toleran terhadap laktosa dan menolak minum susu kedelai. 

Itulah cara anak cepat jalan yang bisa bunda terapkan. Lengkap dengan rekomendasi pemenuhan asupan gizi untuk membantu Si Kecil cepat berjalan. Semoga bermanfaat ya!

Exit mobile version