Langkah Mudah Ciptakan Dapur Bersih

Tentu semua orang menginginkan dapur bersih. Tapi, apakah yakin semua dapur terlihat bersih? Tidak. Apalagi dapur minimalis, yang ruang dan segala perlengkapannya terbatas dan sulit untuk melakukan penataan maupun proses pembersihan. 

Lalu, bagaimana cara menciptakan dapur bersih, khususnya pada dapur minimalis? Tenang saja, kami akan memberikan ulasannya untuk kamu. 

Perbedaan Dapur Kotor dan Dapur Bersih

Pada dasarnya, dapur memiliki dua jenis, yaitu dapur kotor (dapur basah) dan dapur bersih. Meski terdengar seperti pemborosan ruangan, tapi sejatinya kedua jenis dapur ini memang memiliki fungsi yang berbeda. 

Dapur bersih biasanya memiliki fungsi untuk menyajikan makanan jadi. Lokasinya menyatu dengan ruang makan atau ruang keluarga dengan desain yang lebih cantik dan menarik. 

Sementara, dapur kotor biasanya memiliki fungsi untuk memasak. Lokasinya ada di bagian belakang rumah dengan desain yang lebih sederhana, semi outdoor agar sirkulasi udara dapat mengalir dengan lancar. 

5 Langkah Mudah Ciptakan Dapur Bersih dan Minimalis 

dapur bersih
dapur bersih | credit: freepik.com

Bagi sebagian orang, menciptakan dapur bersih dan minimalis bukan perkara yang mudah. Untuk itu, simak 5 langkah mudah yang bisa kamu terapkan dalam menyulap dapur menjadi bersih dan minimalis. 

1. Maksimalkan tempat dan hindari banyak perkakas

Terlalu banyak peralatan dapur yang terpampang pada kitchen set membuat dapur terkesan sumpek dan sempit. Tempatkan peralatan dapur pada kabinet tertutup agar terlihat lebih rapi. 

Hindari banyak perkakas yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Selain bisa meminimalkan perkakas, hal ini juga bisa menghemat anggaran kamu, loh. 

2. Tambahkan beberapa tanaman hijau

Penambahan tanaman hijau di dapur membuat ruangan menjadi lebih segar dan menenangkan. Bahkan dilansir dari liputan6.com, beberapa manfaat menambahkan tanaman hijau di dalam ruangan yaitu dapat membuat kamu menjadi lebih fokus dan mendatangkan kebahagiaan. 

3. Perabotan dan peralatan dapur yang rapi dan terorganisir

Banyak sekali peralatan dapur yang dibutuhkan, mulai dari wajan, sendok, garpu dan peralatan masak lainnya. Karena itu, penting buat kamu untuk menata dengan rapi segala jenis peralatan yang ada. Selain akan membuat dapur bersih dan rapi, hal ini juga dapat membantu memudahkan kamu ketika mencari peralatan yang dibutuhkan.

4. Gunakan tempat penyimpanan yang dapat digunakan secara berulang

Jangan biarkan bumbu-bumbu masakan terbungkus banyak plastik karena akan memberikan kesan berantakan. Gunakanlah wadah penyimpanan, seperti kaca ataupun plastik berupa toples atau botol yang dapat digunakan secara berulang. Hal ini akan membuat dapurmu menjadi lebih rapi dan enak dipandang. 

5. Gunakan warna netral 

Penggunaan warna netral, seperti hitam, putih, dan abu-abu merupakan salah satu kunci utama dalam mendesain dapur minimalis. Gunakan satu atau beberapa kombinasi warna netral untuk menciptakan kesan klasik. Kamu juga bisa menggunakan kombinasi dengan sedikit warna pastel untuk memberikan kesan yang tidak membosankan. 

Itulah 5 langkah mudah agar dapur kamu menjadi bersih dan minimalis. Gimana, mudah untuk diterapkan, bukan? Selamat mencoba dan mencoba lagi ya, karena practice makes perfect. 

Exit mobile version