Kenali Jenis-Jenis Parenting Style, Asuh Si Kecil dengan Tepat!

Pola asuh anak (parenting style) merupakan sebuah sikap orang tua untuk mendidik anak. Ada banyak jenis-jenis parenting  style yang bisa kamu pelajari agar bisa menemukan pola asuh yang tepat bagi si kecil. 

Apa saja jenis-jenis parenting style tersebut? Langsung saja baca artikel ini sampai selesai ya!

Kenapa Parenting Penting?

Pentingnya Parenting | Credit: Freepik.com

Parenting style sendiri meliputi aturan-aturan, hukuman, hadiah, memberikan tanggapan dan perhatian kepada anak. Apapun status pendidikan orang tua, khususnya ibu, wajib banget untuk memiliki pengetahuan tentang parenting agar bisa mendidik anak dengan baik. 

Seorang ibu merupakan sekolah pertama, bahkan seterusnya bagi seorang anak. Walaupun nanti mereka sudah bersekolah ataupun kuliah, peran orang tua untuk mendidik anak menjadi sangat penting.  

“Jika kamu mendidik satu laki-laki maka kamu mendidik satu orang, namun jika kamu mendidik satu perempuan, maka kamu mendidik satu generasi” Ini adalah perkataan Muhammad Hatta yang menjadi tamparan keras bagi kaum perempuan. 

Apalagi di tengah kemajuan zaman yang udah makin bebas ini, dimana nilai-nilai agama dan budaya mulai ditinggalkan. Pendidikan karakter dan spiritual menjadi sangat krusial, karenanya sebagai seorang pendidik kamu harus mampu menjadi contoh yang baik bagi anak-anak. 

Penting buat kamu untuk terus berhati-hati menjaga setiap kata dan tindakanmu, karena setiap yang kamu lakukan akan ditiru oleh anak suatu saat nanti. Kamu tidak ingin mereka meniru sikap yang tidak tepat kan? 

Baca Juga: Hukum Menyimpan Tali Pusar Bayi dalam Islam

Unsur Penting Parenting Style

Unsur Parenting | Credit: Freepik.com

Ada banyak jenis-jenis program parenting yang masing-masing mengandung dua unsur penting, yaitu tingkat responsiveness dan tingkat demandingness dari orang tua. 

1. Responsiveness

Sejauh mana kamu menumbuhkan kemampuan regulasi diri dan kemandirian anak, tapi tetap memberikan mereka dukungan dan kehangatan yang baik disebut dengan responsiveness. 

2. Demandingness

Sedangkan tingkat kontrol orang tua terhadap anak, serta berbagai upaya yang dilakukan agar anak bisa disiplin dan terintegrasi dengan keluarga dengan baik disebut dengan demandingness. 

Jenis-jenis Parenting Style, Kamu yang Mana Nih? 

Jenis-jenis Parenting Syle | Credit: Freepik.com

Sementaraa itu, untuk jenis parenting sendiri ada 6. Inilah 6 jenis parenting style yang harus kamu pahami untuk menemukan pola asuh yang tepat bagi si kecil. 

1. Authoritative Parenting

Dalam tipe parenting ini, sebagai orang tua kamu memiliki sejumlah aturan yang harus dipenuhi oleh si kecil. Namun, bukan berarti tidak ada kebebasan untuk si kecil memilih ya. Si kecil masih tetap mendapat kesempatan dan kebebasan memilih, selama masih dalam batas kontrol yang telah disepakati. 

Jadi, ciri khas dari authoritative parenting adalah adanya struktur peraturan yang fleksibel, pola asuh yang komunikasi dan membimbing, serta mengontrol anak secara intensif. 

2. Authority Parenting

Berbeda dengan tipe sebelumnya, authority parenting merupakan tipe parenting yang paling tegas. Orang tua yang menjalankan tipe ini akan cenderung keras dan bersifat kaku terhadap aturan yang berlaku.

Jika anak ketahuan melanggar aturan yang ada, maka akan mendapatkan hukuman yang ketat. Ciri khas dari tipe authority parenting adalah berkomitmen dan disiplin yang tinggi, adanya peraturan yang ketat, memiliki jadwal yang sangat teratur, serta aturan yang cenderung bersifat satu arah, yaitu hanya dari orang tua ke anak. 

3. Permissive Parenting

Orang tua yang cenderung memberikan kebebasan karena tidak ingin mengekang dan menekan anak, berarti ia adalah orang tua yang menerapkan menerapkan permissive parenting. Orang tua ingin bersikap layaknya teman yang lebih slow. Bagus memang, tapi sayangnya tipe ini dinilai sangat lemah terhadap aturan dan sikap disiplin. 

Ciri lain dari tipe ini adalah minimnya pengawasan yang dilakukan orang tua, tidak adanya struktur keseharian yang disiplin dan penuh dengan kehangatan. Apakah kamu termasuk orang tua dengan tipe permissive parenting?

4. Attachment Parenting

Tipe pola asuh ini menekankan pada kedekatan secara fisik dan emosional dengan anak yang dibangun dengan penuh kasih sayang dan perhatian. Sentuhan fisik dan pelukan menjadi hal yang sangat berarti dalam tipe parenting satu ini. 

5. Uninvolved Parenting

Biasanya tipe ini identik dengan orang tua yang tidak memiliki ikatan emosional dengan anak. Semua ini karena orang tua tidak terlibat dengan baik dalam tumbung kembang sang anak. Ciri-ciri dari tipe ini adalah minimnya kepedulian, cuek, minim pengawasan dan tidak adanya quality time. 

Baca Juga: Cara Anak Cepat Jalan

Fakta Parenting Style 

Ternyata dari banyaknya  macam-macam program parenting, setiap orang tua bisa memiliki dua kombinasi bahkan tiga tipe parenting, lho. Orang tua juga bisa berganti pola asuh demi bisa menemukan jenis-jenis parenting mana yang paling tepat bagi si kecil. 

Kamu bisa menerapkan jenis-jenis parenting  style  yang berbeda ke setiap anak. Karena setiap anak bisa saja memiliki karakter yang tidak sama. Hal ini menyebabkan pola asuh yang diterapkan juga bisa berbeda. 

Gimana, apakah kamu sudah temukan tipe parenting mana nih yang cocok untuk anak mu yang pertama maupun kedua? Selamat bertumbuh menjadi sebaik-baiknya orang tua ya, karena dengan didikan yang baik akan terlahir sebuah generasi yang beradab dan seorang pemimpi yang mulia. 

Exit mobile version