Kenalan yuk dengan Macam-Macam Warna Ungu!

Macam Warna Ungu

Di artikel ini, kami akan memberikan informasi kepada kamu mengenai macam-macam warna ungu secara lebih spesifik. Sebab, selama ini banyak orang menyebut warna ungu tua, ungu muda, dan warna ungu turunan lainnya dengan penyebutan yang sama, yakni ungu.

Padahal, jika kita amati, ada banyak macam warna ungu secara lebih spesifik yang perlu kita tahu. Warna-warna tersebut tentu bisa memberikan kekuatan, efek, dan makna tersendiri bagi kehidupan kita. Nah, langsung saja simak artikel ini sampai selesai.

Arti Warna Ungu

Warna yang memiliki kode hex #A020F0 ini masuk ke dalam sisi biru spektrum, yang lebih dikenal sebagai warna-warna dingin. Yang mana secara umum, warna-warna dingin ini bisa menggambarkan ketenangan, tetapi juga mengingatkan perasaan kesedihan maupun ketidakpedulian.

Secara khusus, warna ungu bisa melambangkan banyak hal, seperti sebuah pengaruh aspirasi yang tinggi, kekuatan spiritual, simbol kebangsaan, simbol kerajaan, misteri, keajaiban, dan harga.

Arti warna ungu begitu tinggi. Banyak orang yang menyukai warna ungu dan mayoritas dari mereka memiliki sifat yang senang mengutamakan kepentingan orang lain, di atas kepentingannya sendiri.

Dari segi eksklusivitas, warna ungu dan turunannya ini terkenal sebagai warna yang sangat eksklusif. Siapapun yang mengenakan warna ungu, akan memancarkan kesan cantik dan glamor. Maka tidak heran, banyak produk kualitas jempol yang dibuat dengan warna ungu.

Baca Juga : Ingin Luluran yang Bagus untuk Kulit Kering? Coba 6 Merk ini

Macam-Macam Warna Ungu

Macam Warna Ungu I Credit : Adobe.com

Memang, dari macam-macam warna ungu yang ada memiliki makna atau lambang tersendiri. Misalnya saja, dari sisi psikologi, ungu tua atau gelap melambangkan kemewahan dan kekayaan. Bagaimana dengan warna ungu turunan lainnya?

1. Thistle  (#D8BFD8)

Warna ungu thistle pertama kali ditemukan pada 1892. Warna ini diambil dari sejenis tanaman thistle, yakni tanaman berbunga yang memiliki duri tajam pada bagian tepinya. Di negara Skotlandia, thistle sering diasosiasikan sebagai bunga nasional. Selain itu, dekorasi negara tertinggi Skotlandia adalah Order of Thistle.

2. Lavender (#E6E6FA)

Warna lavender adalah warna ungu terang. Bisa juga warna ini dideskripsikan sebagai warna ungu medium atau warna merah muda keungu-unguan. Ada dua warna sebagai komposisi penyusun warna lavender, yaitu warna merah dan biru yang paling pucat.

Karakteristik dari warna lavender ini cukup istimewa, tetapi tanpa misteri ungu yang mendalam. Orang yang menjadikan lavender sebagai warna pilihannya terkadang ingin memohon perasaan nostalgia atau romantika, karena lavender sering melambangkan aura ketidakmungkinan, keajaiban, keheningan, ketenangan, dan pengabdian.

3. Magenta (##FF00FF)

Macam-macam warna ungu selanjutnya adalah magenta. Warna ini didefinisikan sebagai warna ungu muda-merah tua atau merah keungu-unguan. Berasal dari komposisi ungu dan merah, menjadikan magenta sebagai warna yang mampu memikat banyak orang selama berabad-abad lamanya. Aspek menarik dari magenta ini adalah perdebatan akan keberadaannya yang sesungguhnya.

Keberadaan magenta sering dikenal sebagai warna keseimbangan harmoni. Bahkan, menurut feng shui pun, magenta sering dianggap sebagai warna spiritual.

4. Plum (#DDA0DD)

Sebagai warna kuartener dalam roda warna RYB  (Red, Yellow, Blue), plum adalah warna campuran yang setara dengan warna tersier russet dan juga batu tulis (slate).

Plum sering digunakan untuk menunjukkan warna ungu dengan semburat abu kecoklatan atau ungu kemerahan. Bisa juga merepresentasikan yang dekat dengan warna rata-rata buah plum.

5. Mauve (#B784A7)

Kata mauve berasal dari bahasa Latin yaitu malva yang berarti tanaman berbunga yang bisa menghasilkan bunga dengan kelopak bunganya berwarna ungu. Malva akhirnya berevolusi menjadi ungu muda Prancis, yang mana itu merujuk pada bunga yang sama di dalam bahasa Inggris yang dikenal sebagai bunga mallow. Berdasar Oxford English Dictionary, pada akhir 1700-an, mauve menjadi nama warna.

Baca Juga : 5 Efek Samping Bedak Marcks yang Dicampur Air Mawar

6. Orchid (#DA70D6)

Macam-macam warna ungu lainnya adalah warna ungu orchid atau anggrek. Warna ini adalah warna yang terang dan kaya akan warna ungu. Orchid merepresentasikan bunga yang termasuk ke dalam bagian keluarga tumbuhan orchidaceae. Ada banyak variasi dari ungu anggrek ini. Ada ungu ke abu-abuan, ungu kemerahan yang sangat kuat, bahkan merah muda keungu-unguan.

7. Lilac (#9955BB)

Warna lilac lebih dikenal sebagai warna violet pucat yang mewakili rata-rata warna pohon lilac. Warna ini juga sering dijelaskan sebagai warna biru muda atau mauve tua.

Meskipun warna bunga lilac sering dianggap setara dengan ungu muda, ungu tua, dan ungu pucat. Akan tetapi, ada juga bunga lilac yang berwarna ungu-merah.

Nah, itulah sedikit macam-macam warna ungu yang perlu kamu tahu. Sebenarnya masih ada macam-macam warna ungu turunan lainnya. Masih ada boysenberry, periwinkle, sangria, eggplant, dan lain-lain. Hanya saja, kamu bisa lebih bereksplorasi sendiri dengan pedoman gambar yang ada di artikel ini.

Overall, warna ini cukup eksklusif, sebab jarang ada unsur benda di dunia ini yang berasal dari warna ungu. Warna ini sering disebut sebagai perlambang kemewahan. Apakah kamu juga setuju dengan makna warna ungu ini?

Exit mobile version