Intip Yuk, Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju!

Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju

Cara menghilangkan noda oli di baju – Sangat menyebalkan bukan jika pakaian yang kamu sayang-sayang kotor terkena noda ? Apalagi itu adalah noda oli yang cukup sulit hilang, daripada lumpur yang sekali cuci bisa bersih.Tidak perlu risau jika noda tersebut tidak bisa hilang. Walaupun sudah kotor dalam waktu yang lama, noda-noda seperti itu masih bisa kamu hilangkan. Minimal memudar, lah ya.

Kita memang harus berhati-hati saat memakai baju kesayangan, apalagi jika baju itu berwarna terang, jika tidak bisa saja pakaian kita itu jadi kotor akibat terkena noda. Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi bahan sekaligus cara mengunakannya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bekas oli yang menempel pada baju. Langsung saja, simak artikel ini sampai tuntas ya?

Bahan dan Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju

Menghilangkan noda oli di baju tidak cukup menggunakan air dan lap saja. Kamu harus menggunakan bahan-bahan lain yang dinilai cukup efektif. Ada banyak sekali bahan alami maupun bahan kimia yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan bajumu dari kotoran yang membandel loh. Berikut rekomendasi bahan-bahan yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda oli pada pakaian dan cara pengaplikasiannya.

1. Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Noda Oli Dengan Lidah Buaya
Lidah Buaya I Credit : Konveksi.co

Selain lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah, nyatanya lidah buaya juga memiliki manfaat yang tidak kalah hebat untuk membersihkan noda pada dinding maupun pada baju, loh.

Hal ini karena lidah buaya memiliki kandungan senyawa bioaktif, yaitu asam amino. Reaksi antara asam amino dengan oli bisa menghilangkan noda oli pada baju yang bisa mengganggu keindahan berpakaian.

Cara pengaplikasiannya cukup mudah:

2. Shampo

Shampo I Credit : mybest.id

Jika selama ini kamu hanya tahu manfaat shampo untuk keramas, sekarang kamu pun harus tahu bahwa shampo juga memiliki manfaat untuk menghilangkan noda oli membandel  di baju. Ini karena shampo memiliki kandungan surfaktan, yang bisa dengan mudah menghilangkan noda oli.

Cara menghilangkan noda oli di baju menggunakan shampo cukup mudah:

Baca Juga : Cara Menggunakan Parfum Laundry Agar Wangi Tidak Cepat Hilang!

3. Sabun Cuci Piring

Sabun Cuci Piring I Credit : Kompas.com

Dikutip dari rumah.com, sabun cuci piring memiliki banyak manfaat. Bukan hanya untuk membersihkan piring kotor, tetapi juga bisa untuk membersihkan lantai kamar mandi yang kotor, lantai dapur yang kotor, bahkan untuk menghilangkan noda oli yang menempel di baju kamu.

Cara menghilangkan noda oli di baju menggunakan sabun cuci piring juga cukup mudah:

Namun, agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa merendam baju terlebih dahulu setelah disikat menggunakan sabun cuci piring. Rendam baju ke dalam campuran air hangat secukupnya dan ½ sdm detergen.

4. Kapur

Kapur I Credit : blogpictures.99.co

Siapa sangka, kapur yang sering kamu jumpai di sekolah pada zaman dulu ternyata memiliki manfaat untuk menghilangkan noda membandel.

Ya, meskipun sekarang kita sulit mendapatkan kapur, tetapi tidak ada salahnya jika kamu memilikinya, manfaatkanlah sebaik mungkin. Apalagi jika kamu juga memiliki baju yang terkena noda oli. Cobalah untuk mengaplikasikan kapur di baju yang terkena oli tersebut.

Berikut menghilangkan noda oli di baju menggunakan kapur:

Baca Juga : 5 Cara Merawat Rambut Smoothing Berjilbab

5. Bubuk Soda Kue

Bubuk Soda Kue I Credit : Cloudfront.net

Selain memiliki manfaat untuk membuat kue, soda kue juga cukup terkenal untuk menghilangkan noda di baju. Noda apapun itu, termasuk noda oli yang memang memerlukan penanganan lebih khusus dibanding noda lumpur pada biasanya.

Berikut cara menghilangkan noda oli di baju menggunakan bubuk soda kue:

Atau bisa juga dengan:

6. Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih I Credit : Detik.net

Menggunakan minyak kayu putih untuk menghilangkan noda oli di baju sebenarnya kurang efektif. Ibarat sakit, minyak kayu putih ini hanya pertolongan pertama, belum yang mendapat perawatan khusus.

Sebab, kamu hanya perlu meneteskan minyak kayu putih di area baju yang terkena noda oli. Kemudian, menggosok area baju menggunakan tisu atau kapas hingga nodanya memudar. Jika nodanya sedikit, tidak terlalu bermasalah, tetapi jika nodanya cukup banyak, bukankah kurang efektif? Cara ini bisa jadi efektif jika setelah membersihkan noda menggunakan minyak kayu putih, kamu lantas segera mencuci baju tersebut.

Baca Juga : 2 Cara Memakai Henna di Tangan/ Kaki/ Kuku dan Rambut

7. Bedak Bayi

Bedak Bayi I Credit : Orami.co.ic

Hal menakjubkan yang jarang diketahui orang. Bukan hanya untuk perawatan bayi, nyatanya bedak bayi juga memiliki fungsi lain, seperti menghilangkan noda membandel yang mengenai baju kamu.

Cara menghilangkan noda oli di baju cukup mudah:

8. Cuka

Cuka I Credit : Cdn.com

Bahan alami yang satu ini cukup efektif untuk menghilangkan noda minyak membandel di baju, termasuk oli. Ini karena cuka memiliki kandungan asam asetat yang memotong lemak. Bahkan, cuka juga bisa menghilangkan bau tidak sedap yang mungkin saja masih tertinggal di baju dari noda minyak tersebut.

Berikut cara menghilangkan noda oli di baju menggunakan cuka:

9. Pasta Gigi

Pasta Gigi I Credit : Kompas.com

Ingin membersihkan noda di baju dengan bahan yang murah dan mudah didapatkan? Cobalah untuk menggunakan pasta gigi. Selain untuk membersihkan gigi, pasta gigi memiliki manfaat lain untuk membersihkan noda membandel di sepatu, bahkan baju.

Berikut cara menghilangkan noda oli di baju menggunakan pasta gigi:

Itulah bahan-bahan yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda oli di baju, lengkap dengan cara menghilangkan noda oli di baju.

Cara menghilangkan noda oli di baju tersebut cukup mudah untuk diaplikasikan, bukan? Kendati demikian, kedepannya kamu harus lebih berhati-hati ya. Sayang kan jika bajunya terkena noda? Pun jika memang sudah terlanjur, segera dibersihkan ya?

Exit mobile version