Cara Mendapatkan IPK Bagus dan Sempurna! Penting untuk Mahasiswa Baru!

Cara Mendapatkan IPK Bagus dan Sempurna I Credit : Pixabay.com

Bagi kamu mahasiswa baru, pasti ingin lulus dengan IPK yang tinggi ya? Banyak yang beranggapan bahwa untuk mencapai itu semua tidak mudah, bahkan mustahil untuk diraih. Untuk mendapatkan IP yang tinggi bukanlah hal yang tidak mungkin, bahkan semua mahasiswa memiliki kesempatan yang sama loh. Berikut cara mendapatkan IPK bagus dan sempurna yang bisa kamu terapkan!

Sebelum membahas lebih lanjut, apakah kamu sudah tahu apa itu IPK? bagi mahasiswa baru, mungkin saja agak asing ya? IPK memiliki kepanjangan Indeks Prestasi Kumulatif. IPK merupakan nilai akhir yang didapatkan oleh mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan.

Apa Keuntungan Memiliki IPK Bagus Saat Kuliah?

Cara Mendapatkan IPK Bagus dan Sempurna
IPK Bagus Saat Kuliah I Credit : Pixabay.com

Saat kuliah, setelah selesai UAS (Ujian Akhir Semester) kamu pasti akan mendapatkan sebuah transkrip nilai yang berisi IP, biasanya disebut dengan istilah KHS (Kartu Hasil Studi). Pada transkrip itu, terdapat IP Semester yang kamu dapatkan pada semester tersebut. IP semester inilah yang jika diakumulasikan diakhir studi, maka akan menjadi IPK.

IPS (Indeks Prestasi Semester) salah satu faktor yang bisa menentukan cepat tidaknya masa studimu. Jika kamu memiliki IP yang tinggi maka kamu dapat mengambil SKS yang lebih banyak dibandingkan dengan teman yang memiliki IP biasa saja. Biasanya, untuk ketentuannya bagi mahasiswa yang memiliki IP diatas 3,5 maka ia bisa mengambil 24 SKS di semester yang akan datang, namun jika hanya diatas 3,0 ia hanya bisa mengambil 22 SKS saja. Gimana? perbandingannya lumayan kan ya?

Jika kamu setiap semester bisa mendapatkan IP diatas 3,5 maka kamu bisa mengambil 24 SKS terus hingga akhir studi, dan ini yang bisa mempercepat kelulusan kamu. Karena untuk kuliah sarjana hanya diwajibkan menempuh 144 SKS saja, dan jika kamu bisa cepat, semester tujuh kamu sudah bisa lulus, yang normalnya harus ditempuh dalam delapan semester.

Baca Juga : 8 Rekomendasi Kado Sempro Untuk Perempuan

Bagaimana Cara Menghitung IPK?

Jika kamu ingin memiliki gambaran terkait cara menghitung IP, maka kamu harus tahu terlebih dahulu cara mengkonversi nilai mata kuliah di kampus. Perhatikan poin nilai berikut ya:

NilaiPoin
A4
B3
C2
D1
E0
Poin Nilai Kuliah

Sebagai contoh, saat semester satu kamu mengambil 10 mata kuliah yang masing-masing memiliki bobot 2 SKS. 5 mata kuliah kamu mendapatkan nilai A, sedangkan 5 mata kuliah lain kamu mendapat nilai B. Maka IP yang kamu dapat adalah sebagai berikut:

Rumus Menghitung IP = (Jumlah SKS x Poin) / Jumlah SKS

5 mata kuliah x 2 SKS = 10 SKS x 4 = 40

5 mata kuliah x 2 SKS = 10 SKS x 3 = 30

IP = 40+30 = 70 / 20 = 3,5

Jadi bisa diketahui IP Semester kamu 3,5. Berarti untuk semester dua kamu bisa mengambil 24 SKS, namun terkait hal ini, masing-masing kampus memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Oke lanjut, lalu bagaimana cara menghitung IPK? kamu bisa langsung menjumlahkan semua IPS mu lalu dibagi dengan jumlah SKS yang sudah kamu tempuh. Cukup mudah bukan? gimana? sudah paham ya?

Baca Juga : Alpha Female, Betha, dan Omega. Tipe yang Manakah Kamu?

Apakah IPK Bagus dan Sempurna Itu Penting?

Apakah IPK Itu Penting I Credit : Pixabay.com

Ada sebagian mahasiswa yang tidak terlalu memikirkan soal IPK, baginya yang terpenting adalah skill yang mumpuni, karena itulah yang akan dipakai dalam dunia kerja. Tapi tunggu dulu, ada beberapa fakta berikut yang menjadikan IPK bagus penting untuk kamu dapatkan! Apa saja? Yuk langsung saja simak!

1. IPK Bagus Sebagai Parameter Pemahaman

Saat kuliah, dosen akan memberimu banyak materi, tentu saja untuk mengukur tingkat pemahamanmu maka kamu perlu diuji. Nah, parameter yang digunakan disini adalah IP, jika IP kamu bagus dan sempurna, itu adalah bukti jika kamu memahami dan menguasai topik yang diajarkan saat kuliah.

2. IPK Tinggi Membuka Banyak Kesempatan

IPK tinggi apalagi cumlaude, dapat membuatmu memiliki banyak kesempatan. Antara lain study exchange, beasiswa kuliah, atau bahkan bisa dipercaya menjadi asisten dosen di kampusmu. Sekarang banyak beasiswa yang mensyaratkan kandidatnya memiliki IPK diatas 3,0. Apalagi dalam hal persaingan mencari pekerjaan, banyak perusahaan dan instansi yang menerapkan syarat IP minimal untuk dapat diterima disana.

3. IPK Bagus dan Sempurna Sangat Penting untuk Melanjutkan Studi Pascasarjana

Jika kamu ingin melanjutkan studi lagi setelah lulus kuliah, maka kamu harus menganggap penting IPK tinggi. Jika kamu ingin diterima di Universitas Top Dunia maka dengan memiliki IPK yang tinggi, dapat meningkatkan kemungkinan kamu diterima di universitas tersebut. Bahkan di Indonesia sendiri, jika kamu ingin lanjut pascasarjana ada syarat minimal IPK yang harus dipenuhi sebagai syarat utama.

Baca Juga : 9 Gaya Berfoto di Pantai yang Elegan dan Instagenic !

Cara Mendapatkan IPK Bagus dan Sempurna

Cara Mendapatkan IPK Bagus dan Sempurna I Credit : Pixabay.com

IPK memang bukan satu-satunya penentu keberhasilan seseorang dimasa depan, tetapi IPK yang bagus dan sempurna akan membuat mu bangga dengan diri sendiri, bahkan orang tua dan keluargamu juga akan ikut merasakan kebanggaan tersebut. Lalu bagaimana cara untuk meraih IPK yang tinggi? berikut tipsnya untuk kamu!

1. Fokus Saat Mengikuti Kuliah

Saat mengikuti kelas, usahakan kamu benar-benar fokus memperhatikan dosen. Jangan kuliah sambil main hp, atau kegiatan yang lain. Usahakan juga kamu mencatat poin penting yang disampaikan dosenmu. Jika kamu belum paham dengan materi, kamu bisa mendiskusikannya saat kuliah, ataupun membaca literatur dari sumber lain.

2. Cara Mendapatkan IPK Bagus dan Sempurna dengan Aktif Masuk Kuliah

IPK yang tinggi juga dibutuhkan kedisiplinan, jika kamu aktif masuk kelas meskipun hasil ujianmu pas-pasan tapi bisa dibantu dengan absensi kehadiran. Sebab perlu diketahui bahwa absensi juga memiliki presentase yang cukup tinggi dalam penilaian yang diberikan oleh dosen. Dosen lebih mudah memberikan nilai yang bagus kepada mahasiswanya yang rajin masuk kelas, karena kehadiranmu di kelas terlihat menghargai dosen yang sudah mempersiapkan materi untuk disampaikan.

3. Rajin Belajar

Memahami materi akan membuatmu menikmati perkuliahan, sehingga tidak ada cerita kamu kesulitan atau takut dengan dosen karena bingung dengan materi yang disampaikan. Dengan rajin belajar kamu juga tenang saat menghadapi UAS sebab tidak perlu begadang untuk belajar semua materi, karena setiap harinya memang sudah dipelajari. Jadi belajarlah dengan maksimal dan manfaatkan waktu luangmu untuk belajar.

4. Disiplin Mengerjakan Tugas Kuliah

Pastikan kamu juga rajin untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosenmu ya, jangan biarkan sampai menumpuk dan terbengkalai. Jika ada tugas langsung saja dikerjakan, jangan menunda nunda bahkan buang-buang waktu untuk kegiatan lain yang tidak berguna. Sebab tugas yang diberikan dosen juga memiliki pengaruh tinggi dalam hal penilaian mata kuliah.

Itulah yang bisa prempuan.com berikan untuk bagaimana cara mendapatkan IPK bagus dan sempurna. Semangatlah dalam belajar, karena kesempatan kuiah tidak semua orang bisa mendapatkannya. Selamat berjuang dan semoga bermanfaat ya!

Exit mobile version