Cara Melepas Cincin yang Kekecilan Akibat Penggemukan Jari

Kamu panik saat mengetahui cincin di jarimu tidak bisa dilepas? Seringkali terjadi, cincin di jari tidak mau di lepas karena usia yang semakin bertambah, berat badan yang juga semakin bertambah, dan tentunya ukuran jari pun juga semakin membesar. Sehingga tidak disadari, cincin yang awalnya masih pas-pas saja menjadi sulit untuk dilepaskan. Bagaimana cara melepas cincin yang kekecilan ya?

Perlu kamu ketahui, ukuran jari sangat rentan berubah, baik berubah menjadi lebih kurus atau berubah menjadi lebih gemuk. Disaat kita tidak menyadari cincin yang kita pakai sudah kekecilan, sangat besar kemungkinan dapat menghimpit peredaran darah di jari.

Kami akan memberikan tips untuk kamu terkait cara melepas cincin yang kekecilan. Diharapkan setelah membaca artikel ini, kamu tidak lagi kesulitan melepas cincin mu yang sudah kekecilan ya.

Cara Melepas Cincin yang Kekecilan

cara melepas cincin yang kekecilan

1. Atasi jari bengkak

Kamu pernah mengalami pembengkakan pada jari-jari tangan? Selain faktor naiknya berat badan, pembengkakan pada jari tangan juga dapat di akibatkan oleh sengatan serangga, bulu ulat, atau karena hal lainnya. Tentunya pembengkakan ini akan membuat cincin yang kamu pakai menjadi lebih sempit dari keadaan normal.

Sebelum kamu mempraktekkan cara melepas cincin yang kekecilan dengan bantuan alat-alat atau bahan-bahan lainnya, kamu bisa mengobati terlebih dahulu kondisi jari yang bengkak dengan melakukan cara dibawah ini.

Metode yang seringkali digunakan dalam mengatasi pembengkakan pada jari sering di sebut dengan metode RICE merupakan singkatan dari Rest, Ice, Compression, dan Elevation. Bagaimana cara pengaplikasiannya? Yuk simak cara dibawah ini

2. Memutar cincin

Cara melepas cincin yang kekecilan, yang paling sederhana yang bisa kamu lalukan adalah dengan cara memutar cincin. Cara ini cukup efektif digunakan jika kadar pembengkakan tidak terlalu tinggi.

Kamu bisa memutar cincin dengan gerakan maju mundur. Saat memutar, lakukan dengan lembut dan perlu kamu ketahui memutar dan menarik cincin dengan paksa bisa membuat jari luka dan semakin bengkak. Gerakan memutar cincin ini juga bisa dipermudah dengan menambahkan zat pelicin pada jari yang sudah bengkak.

3. Diberi pelicin

Menggunakan bahan-bahan yang memiliki sifat licin juga sangat berpotensi digunakan untuk melepas cincin yang kekecilan.  Sabun dengan merk apa saja bisa digunakan, namun akan lebih baik sabun yang digunakan adalah yang berbahan cair atau liquid. Sifatnya yang licin dan kental sangat memungkinkan membantu cincin lepas lebih cepat.

Jika kamu menggunakan sabun dalam bentuk padat, maka kamu bisa membasahinya terlebih dahulu menggunakan air dan usap menggunakan kedua tangan hingga mengeluarkan busa. Lalu tarik perlahan cincin yang mau dilepaskan dengan cara di putar kiri dan kanan. Lakukan secara berulang.

Jika kamu menggunakan sabun liquid atau cair, kamu bisa menuangkannya di atas cincin secara perlahan dan tambahkan sedikit air hingga mengeluarkan busa. Setelah itu kamu bisa tarik perlahan cincin juga di putar kiri dan kanan secara berulang. Diharapkan tidak mempraktekkannya didekat lubang ya, karena licin, dan takut jika masuk ke lubang pembuangan.

Bahan-bahan yang bisa kamu gunakan sebagai cara melepas cincin yang kekecilan yang memiliki sifat licin seperti :

4. Mengikat jari

Mengurangi tingkat kegemukan pada jari memanglah tidak semudah yang dibayangkan. Jika menggunakan metode ini, kamu harus ekstra berhati-hati, karena jikalau tangan kamu sangat sensitif, bisa terjadi luka akibat benang yang digunakan.

Metode mengikat jari ini bisa menggunakan benang gigi atau dental floss. Menggunakan metode ini juga bisa sebagai cara melepaskan cincin yang kekecilan. Tahapannya seperti dibawah ini. Yuk disimak

5. Pelumas rantai

Jika banyak cara sudah dilakukan, cara terakhir yang terbilang ampuh adalah dengan menggunakan pelumas rantai. Pelumas rantai dengan merk WD-40 ini biasa digunakan untuk melepas baut yang sudah berkarat yang sulit dilepaskan. Partikel kecil dari pelumas ini sangat mudah masuk ke dalam sela-sela rapat sekalipun.

Harga dari pelumas ini memang tidak murah, namun untuk beberapa orang masih sangat terjangkau. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup disemprotkan pada salah satu sisi cincin, lalu usahakan cairan tersebut dapat masuk ke sela cincin. Setelah itu tunggu sekitar 2-3 menit dan tarik secara perlahan.

6. Pergi Ke RS / Klinik

Jika semua cara melepas cincin yang kekecilan di atas sudah kamu lakukan, namun tetap saja tidak membuahkan hasil. Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mencari bantuan profesional seperti rumah sakit atau klinik yang memiliki alah khusus untuk melepaskannya.

Jari yang sudah lama membengkak, bahkan membiru, memerah, menghitam, atau mungkin sudah berdarah karena melakukan cara-cara yang memaksa pasti akan sangat menyakitkan dan membuat tidak nyaman. Segera pergi ke dokter untuk mengobatinya.

Itulah 6 cara melepas cincin yang kekecilan. Intinya, jangan panik dan tetap tenang ketika melakukan cara-cara di atas ya. Selamat mencoba.

Exit mobile version