Cara agar Rajin Sholat Lima Waktu

Umat Islam tentu mengetahui bahwa sholat menjadi tiang agama. Mendirikan sholat adalah suatu kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Namun, seringkali godaan untuk tidak mendirikan sholat sangatlah banyak. Mulai dari godaan sederhana, hingga besar sekalipun. Nah, bagaimana cara agar rajin sholat?

Cara agar Rajin Sholat

cara agar rajin sholat
cara agar rajin sholat | credit: www.muslimcreed.com

Banyak orang memiliki keinginan agar bisa rajin sholat. Namun, keinginan hanya akan menjadi keinginan tanpa ada upaya atau aksi nyata untuk mendirikannya. Sangat disayangkan jika hal itu terus terjadi, tanpa ada perubahan baik kedepannya. Untuk itu, kami akan menjelaskan kiat-kiat atau cara agar rajin sholat yang bisa kamu terapkan.

1. Ingat alasan kenapa kamu wajib melaksanakan sholat

Poin pertama dari cara agar rajin sholat adalah dengan mengingat alasan kenapa kamu wajib melaksanakan sholat lima waktu. Sholat lima waktu adalah ibadah pertama yang akan dihisab pada Hari Perhitungan (Yaumul Hisab), karena sholat lima waktu menjadi tiang agama Islam.

2. Paham dengan manfaat mendirikan sholat

Selain itu, kamu juga harus paham dengan manfaat mendirikan sholat. Ditinjau dari sisi psikologis, orang yang rajin mendirikan sholat lima waktu akan memiliki hati yang tentram, terhindar dari pikiran keji dan munkar, selalu ingat kepada Allah SWT, selalu bersabar, dan bersyukur.

Sementara ditinjau dari sisi kesehatan, orang yang rajin melaksanakan sholat lima waktu akan memiliki tubuh yang sehat, bersemangat, dan wajah yang selalu bercahaya.

3. Dunia hanya sementara

Ingatlah bahwa dunia itu hanya sementara dan akhirat itu kekal. Tidakkah mau mengorbankan waktu kurang dari 15 menit setiap harinya untuk bekal di akhirat selamanya? Apalagi, jika kamu ingat, pekerjaan dunia yang kamu perjuangkan habis-habisan, nyatanya gak akan pernah habis.

4. Pelan-pelan dan bertahap lah agar menjadi kebiasaan

Rajin tidaknya sholat lima waktu dipengaruhi oleh keimanan seseorang. Jika tips pertama sampai ketiga di atas sudah berhasil kamu laksanakan, alhamdulillah. Semoga bisa selalu istiqomah.

Akan tetapi, jika belum bisa mendirikan sholat lima waktu, pelan-pelan dan bertahap lah tidak masalah. Bisa jadi dengan cara seperti itu bisa mengantarkanmu untuk memiliki kebiasaan sholat lima waktu, daripada tidak sholat sama sekali. Alangkah lebih baik, semua ibadah memang harus dipaksakan terlebih dahulu untuk membentuk suatu kebiasaan baru.

5. Biasakan diri untuk membuat list sholat

List sholat yang kami maksud adalah seperti ini:

TanggalIsyaSubuhDzuhurAsharMaghribKeterangan
1vxvvvx: bangun siang
2.. dst      

Disitu kamu bisa menuliskan jadwal harian sholat. Isilah dengan jujur agar kamu bisa mengevaluasi dengan benar. Apa yang membuatmu menulis tanda (x) dalam daftar sholatmu. Jika sudah tahu penyebabnya, langkah apa yang akan kamu tempuh untuk memperbaikinya.

Evaluasi seperti ini bebas, bisa dilakukan setiap sebulan sekali, seminggu sekali atau bahkan setiap hari. Akan tetapi, evaluasi yang paling baik adalah yang dilakukan setiap hari, agar minimal konsistensi sholat lima waktunya bisa terjaga.

6. Niat dengan tulus

Cara agar rajin sholat lima waktu selanjutnya adalah niatlah dengan tulus. Jadikan Allah SWT sebagai satu-satunya yang kamu sembah. Niat sholat karena Allah SWT, bukan karena ingin mendapatkan seseorang yang dicinta. Meskipun dalam doa kamu boleh untuk mendoakan orang yang dicinta.

7. Jangan suka menunda sholat

Kesibukan tidak ada habisnya. Jadi lebih baik, saat Anda mendengar adzan, bersegeralah untuk mendirikan sholat. Selain itu, tidak ada jaminan apakah saat Anda menunda sholat, Anda masih hidup atau tidak setelahnya. Cukup ekstrim memang, tapi faktanya memang demikian, kita tidak pernah tahu sampai kapan umur kita di dunia.

8. Sholat berjamaah

Melatih kebiasaan baik yaitu rajin sholat, seringkali membuat diri mudah terlena dan turun semangat. Kunci terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari teman-teman atau datang ke masjid untuk mendirikan sholat berjamaah. Allah SAW juga berkata, bahwa sholat berjamaah lebih unggul dua puluh tujuh derajat dibandingkan dengan sholat sendirian.

9. Meningkatkan ilmu tentang Islam

Semakin banyak ilmu yang kamu pelajari, khususnya mengenai bab sholat, akan semakin kuat alasan kamu kenapa harus mendirikan sholat. Dengan begitu, semoga kamu juga bisa semakin rajin untuk sholat. Kamu bisa belajar dari banyak media, seperti buku, youtube, podcast, atau bahkan datang kepada ustadz dan ustadzah untuk meminta bimbingan secara langsung.

Doa agar Tidak Malas Sholat

Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam kitab Fikih Shalat menjelaskan, bahwa meminta keteguhan dalam beribadah termasuk ke dalam ikhtiar seorang Muslim dalam mengabdikan diri kepada Allah SWT. Dalam Islam pun, pentingnya menjaga keteguhan ibadah juga disampaikan. Ada banyak ayat yang menerangkan pentingnya mendirikan sholat.

Berikut doa agar kita bisa senantiasa teguh dan istiqomah dalam beribadah:

“Rabbij’alni muqima as-shalaati wa in dzurriyati Rabbana wa taqabbal dua’i.” QS. Ibrahim: 40

Yang artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.”

“Wa awimusshalata wa atuzzakata warka’u ma’a ar-raakiin.” QS. Al Baqarah: 43

Yang artinya:”Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.”

Itulah cara agar rajin sholat yang bisa kamu terapkan. Ada banyak kiat-kiat yang bisa membantu meningkatkan semangat kamu untuk mendirikan sholat. Yang paling mudah adalah dengan mengingat bahwa hukum meninggalkan sholat wajib adalah dosa. Semoga bisa senantiasa mengimani kiat-kiat di atas ya untuk selalu mendirikan sholat, lebih bagus jika bisa di awal waktu.

Exit mobile version