Brand Fashion Terkenal Ini Ternyata Buatan Indonesia

Brand Fashion Terkenal | Credit: fazzcard.com

Sebagai penikmat dunia fashion maupun tidak, kita harusnya bangga dengan adanya brand fashion terkenal di dunia yang ternyata itu adalah buatan Indonesia. Selama ini kita selalu bangga mengenakan fashion dari brand luar negeri. Sebab, menurut kita fashion luar negeri memiliki kualitas yang lebih baik daripada fashion dalam negeri (lokal).

Seperti halnya roda berputar yang kadang di atas dan kadang di bawah, fashion pun demikian. Fashion selalu mengalami perputaran, baik dari segi mode maupun kualitas. Indonesia, saat ini menjadi negara yang mengalami pertumbuhan baik dalam dunia bisnis fashion.

Dikutip dari nasional.kontan.co.id, catatan Kementerian Perdagangan pada 2020 menjelaskan bahwa ekspor barang-barang rajutan UKM mencapai US$ 133,49 juta dan yang bukan rajutan mencapai US$154,47 juta. Sementara, per Maret 2021 ekspor barang-barang rajutan mencapai US$ 360 juta dan yang bukan rajutan mencapai US$ 350 juta.

Nah, dari sini muncul pertanyaan mengenai apa saja brand fashion terkenal yang berasal dari Indonesia? Prempuan.com akan memberikan penjelasannya untuk Anda.

Aspek Fashion yang Perlu Anda Tahu

Dunia fashion itu luas, tidak melulu tentang pakaian. Melainkan apa saja yang mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Apa yang kita kenakan, apa yang kita makan, bagaimana kita memandang diri sendiri, dan bagaimana kita hidup, itu termasuk ke dalam aspek fashion.

Ramainya berbagai produk yang mengarah ke fashion muncul saat para konsumen ingin selalu mendapat pengakuan mengenai jati dirinya. Karena itu, para konsumen selalu membentuk identitasnya sendiri dan bersatu dengan kelompok yang sefrekuensi atau selaras dengannya. Ujung dari ini menjadi kebanggan seseorang, bahwa ketika bisa mengikuti mode, itu berarti ia termasuk ke dalam fashionable atau modern.

5 Brand Fashion Lokal yang Terkenal di Dunia

Di zaman sekarang, brand fashion lokal mulai mengalami kebangkitan. Kualitas yang ditawarkan brand fashion lokal untuk mengakomodir kebutuhan dan selera pasar tidak kalah dengan kualitas brand fashion internasional. Bahkan, keberadaan brand lokal semakin hari semakin banyak dicari. Banyak juga yang tidak mengira, bahwa kualitas yang bagus ini adalah karya anak bangsa.

Tentu, ini sangat membanggakan dan menjadi semangat baru bagi perkembangan dunia fashion Indonesia. Bagi pelaku bisnis, ada sebuah nasehat, “bagaimana kita bisa membuat apa yang bisa kita jual, bukan menjual apa yang telah kita buat”. Dalam artian, penting bagi kita mengetahui selera pasar terlebih dahulu sebelum memproduksi produknya.

Di bawah ini ada 5 brand fashion terkenal di dunia, namun ternyata buatan anak bangsa. Kami akan memberikan penjelasannya untuk Anda. Harapannya, kita bisa sama-sama mengambil manfaat dan mengampanyekan produk fashion lokal, baik Anda sebagai produsen maupun konsumennya nanti.

1. Lea Jeans

Lea Jeans
Brand fashion terkenal “Lea Jeans” | Credit: kabarnesia.com

Berbicara mengenai Lea Jeans, apakah Anda pernah bertanya darimanakah produk brand fashion terkenal Lea Jeans ini? Apakah berasal dari Amerika atau berasal dari Indonesia? Sebab, produk-produk yang ditawarkan sangat kekinian. Berbagai macam produk denim favorit anak muda ada disini. Ada baju, kaos, maupun celana jeans itu sendiri.

Asal Anda tahu, brand fashion Lea Jeans merupakan brand fashion lokal, loh. Melihat tanggapan positif dari banyak orang dan kualitas yang berstandar internasional ini, apakah Anda semakin bangga menjadi anak bangsa?

2. The Executive

The Executive | Credit : theexecutive.co.id

Salah satu brand fashion terkenal di dunia yang ternyata buatan anak bangsa adalah The Executive. Brand ini menyediakan pakaian resmi dan formal. Dimana, target segmentasi pasarnya adalah para pekerja dan pebisnis.

Produk dari The Executive ini ada jas, kemeja, vest, ikat pinggang, tas, dasi, dan sepatu. Kualitas The Executive brand memang patut mendapat empat jempol. Maka tidak heran, jika banyak yang mengira bahwa The Executive bukanlah brand lokal, melainkan brand internasional.

3. Tomkins

Brand fashion Tomkins | Credit: Tomkins.id

Familiar kah Anda dengan brand fashion terkenal yang berasal dari Indonesia yang bernama Tomkins ini? Banyak yang mengira Tomkins termasuk brand luar negeri, karena produk sepatu yang dihasilkan memiliki kualitas baik.

Tomkins adalah sepatu lokal yang berdiri di bawah naungan perusahaan PT Primarindo Asia Infrastructure Tbk. Brand Tomkins menghadirkan sepatu sekolah, sepatu futsal, sepatu olahraga, dan sepatu balap. Sebelum Tomkins lahir, perusahaan ini ternyata telah lebih dulu menjadi produsen sepatu Reebok, loh.

4. Buccheri

Brand fashion terkenal Buccheri | Credit: buccheri.com

Nama brand fashion terkenal yang satu ini memang sangat asing. Bahkan, saking asingnya banyak yang mengira Buccheri merupakan brand asal Eropa.

Jangan salah lagi ya, Buccheri adalah brand fashion lokal yang telah berdiri sejak 1980. Brand ini menghadirkan produk fashion berupa tas dan sepatu kulit dengan kualitas terbaik.

Seorang Presiden Joko Widodo mempercayakan Buccheri sebagai brand sepatu resmi beliau, loh. Apakah Anda juga demikian? Jika iya, pilihan Anda sangat tepat. Pasalnya, Buccheri juga terus melakukan adaptasi trend fashion terbaru yang bisa menyasar pasar kaum millenial. Salah satunya dengan meluncurkan produk kategori Sneaker.

5. Bodypack

Bodypack | Credit: bodypack.co.id

Usut punya usut, Bodypack menjadi salah satu brand fashion terkenal, karena tampilannya yang elegan dan brandingnya yang kuat. Tidak heran jika banyak yang mengira Bodypack berasal dari luar negeri. Nyatanya, Bodypack adalah brand lokal yang telah berdiri sejak 1996.

Awalnya Bodypack hanya menyediakan digital case untuk masyarakat. Namun, seiring berkembangnya usaha, Bodypack juga menyediakan tas selempang, tas kantor, tas sekolah, dompet, dan lain-lain.

Nah, itulah 5 contoh brand fashion terkenal di dunia yang nyatanya merupakan karya anak bangsa. Untuk Anda yang menyukai dunia fashion luar negeri, yuk mulai lirik kembali fashion-fashion dalam negeri. Dengan kita menggunakan fashion lokal, itu berarti kita juga turut memajukan Indonesia, loh!

Begitupun jika Anda ingin membuka bisnis fashion. Selama ini mungkin lebih sering berkiblat pada brand fashion luar negeri, it’s okay. Namun, tetap harus berkiblat pada brand fashion dalam negeri juga ya? Saling bersaing, namun tetap saling membangun.

Exit mobile version