Bahagialah dengan Caramu Sendiri, Jangan Bandingkan Dirimu dengan Orang Lain!

Bahagialah dengan Caramu Sendiri I Credit : Pixabay.com

Kebahagiaan bisa diraih dengan berbagai cara. Dan masing-masing orang berhak untuk bahagia. Kabahagiaan sejatinya bukanlah sebuah hal yang harus dikejar, karena rasa bahagia bisa datang dengan sendirinya tanpa kita rencanakan sebelumnya. Terkadang banyak orang yang menjadikan penilaian dan validasi orang lain sebagai acuan kebahagiaan dalam diri kita, padahal hal itu tidak perlu loh, kita tidak perlu membandingkan kehidupan kita dengan orang lain. Bahagialah dengan caramu sendiri, jiwamu akan ikut bahagia karena itu, ragamu akan nyaman dengan jiwa positif yang kamu rasakan.

Bahagia merupakan perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala hal yang menyusahkan). Perasaan senang sendiri adalah perasaan yang dirasakan saat kita mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Kedua perasaan tersebut berkaitan dan saling melengkapi satu sama lain.

Komponen Penentu Kebahagiaan

Secara ringkas, kebagahagiaan dipengaruhi oleh 3 komponen dasar yaitu : pengharapan, pencapaian, dan penerimaan. Pengharapan merupakan suatu keinginan yang ingin dicapai atau diraih. Pengharapan sendiri akan selalu berdampingan dengan pencapaian, gap antara penghargaan dan pencapaian itulah yang menjadi salah satu penyebab seseorang tidak bahagia.

Kemudian komponen kebahagiaan yang lain yaitu penerimaan. Penerimaan memegang peranan yang paling penting. Penerimaan berhubungan dengan kebijaksanaan kita dalam menyusun kebahagiaan kita sendiri. Bahkan ketika pencapaian kita tidak sesuai dengan harapan, kita masih bisa tetap menjaga mental kita agar tidak terlalu terpuruk.

Baca Juga : Manajemen Waktu Ibu Rumah Tangga yang Bekerja

Kenapa Harus Bahagia dengan Caramu Sendiri?

Kenapa Harus Bahagia
Kenapa Harus Bahagia I Credit : Pixabay.com

Kita semua pasti pernah merasakan lelah. Pasti setiap orang pernah merasakan untuk berhenti dan lebih baik menyerah saja. Tidak apa-apa hal itu wajar kok dialami setiap orang, its oke kita pasti bisa jalani satu persatu terlebih dulu, semuanya pasti akan berubah dan akan ada ujungnya.

Mulailah berterima kasih kepada dirimu sendiri yang sudah melalui semuanya hingga pada saat sekarang ini. Semua perjalanan yang telah kamu lewati, itu adalah perjalanan kisahmu, yang tidak pernah sama dengan orang lain. Kamu sudah melewati banyak tantangan dengan baik versi dirimu, lantas kenapa harus peduli dengan validasi orang lain? Perjalanan dan tujuan setiap manusia tidak ada yang sama, untuk itulah kamu harus mampu menciptakan tujuan dan kebahagiaanmu sendiri.

Baca Juga : Alpha Female, Betha, dan Omega. Tipe yang Manakah Kamu?

Sikap yang Harus Dilakukan untuk Memulai Bahagia dengan Caramu Sendiri

Sikap Agar Selalu Bahagia I Credit : Pixabay.com

1. Optimis dan Percaya Diri

Pastikan kedua sikap ini sudah tertanam kuat pada hati dan pikiranmu, dengan mempertahankan kedua sikap ini, maka kamu sudah memiliki pondasi yang kuat untuk menciptakan kebahagiaanmu sendiri. Sebab dengan optimis dan percaya diri, berarti kamu mampu menghargai apapun yang telah kamu lakukan sampai saat ini.

2. Yakinkan Pada Dirimu Bahwa Kamu Berharga

Seberapa banyak orag yang ingin menjatuhkanmu, meremehkanmu, jika kamu kuat dan yakin semua bisa dilalui dengan mudah. Jika bukan kita yang bisa percaya pada diri sendiri, lantas siapa lagi? Menanamkan bahwa diri sendiri berharga juga akan membuatmu lebih bahagia, sebab kamu tidak akan menyakiti dirimu sendiri karena orang lain.

3. Menyaring Komentar Negatif Orang Lain

Banyak sekali komentar negatif muncul saat kita melakukan kesalahan, atau saat kita melakukan hal yang tidak sesuai dengan kriteria mereka. Komentar negatif sangat berbahaya untuk kesehatan mental kamu, oleh sebabnya kamu harus menyaring mana komentar yang sifatnya membanun, dan mana komentar yang sifatnya menjatuhkan.

Baiklah, itulah beberapa tips agar kita tetap bahagia, sedih dan menangis boleh saja, sebab hal itu wajar terjadi. Namun, jangan terlalu berlarut-larut dalam kesedihan, masih banyak kesempatan untuk kita dan bahagialah dengan caramu sendiri, tidak perlu terpengaruh oleh perkataan orang lain, jika apa yang kamu lakukan itu baik.

Exit mobile version