8 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi Untuk Wanita

Pekerjaan dengan Gaji Tinggi Untuk Perempuan

Dalam dunia kerja, sering muncul adanya isu global tentang kesenjangan gaji karena perbedaan gender. Benarkah demikian? Sebab, bagi mayoritas wanita, pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita di Indonesia sulit didapatkan.

Memang banyak media yang mewartakan bahwa gaji wanita di Indonesia lebih rendah daripada laki-laki. Salah satunya dikutip dari CNBC, menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, wanita menerima gaji 23% lebih rendah daripada gaji laki-laki.

Di satu sisi, dikutip dari money.kompas.com, mayoritas perusahaan BUMN tidak membedakan gaji karyawan berdasarkan gender. Perbedaan gaji ini murni karena kompetensi masing-masing karyawan. Bahkan ada perusahaan BUMN yang notabene dominan dikerjakan oleh laki-laki, jusrtu GM Plan nya adalah seorang wanita.

Nah, daripada kamu penasaran apa saja pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita yang bisa kamu perjuangkan? Lebih baik, kamu simak artikel ini hingga tuntas. Tidak perlu berkecil hati dengan isu kesenjangan gaji karena perbedaan gender. Di era sekarang, cukup banyak wanita-wanita hebat dengan pencapaian karir dan gaji yang tinggi.

1. CEO Salah Satu Pekerjaan dengan Gaji Tinggi Untuk Wanita

CEO Pertamina 2018 Nicke Widyawati
CEO Pertamina 2018 Nicke Widyawati I Credit : Jakarta Post

Laki-laki lebih afdhol menjadi CEO, memang benar adanya. Namun siapa sangka, menyadur dari laman USA Today, CEO adalah salah satu pekerjaan yang menawarkan gaji tinggi dan pekerjaan ini bisa diambil oleh wanita.

Di Indonesia, salah satu contoh CEO wanita yang sukses adalah Nicke Widyawati. Ia menjadi CEO di PT Pertamina (Persero) sejak Agustus 2018 silam.

Berdasarkan laporan keuangan Pertamina pada 2018, gaji untuk komisaris perusahaan untuk masing-masing orang bisa mencapai Rp 3,16 miliar per bulan.

Pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita sebagai CEO ini memang sangat prestise untuk kamu perjuangkan  juga, loh. Umumnya, seorang CEO memiliki tugas untuk merancang, mengatur, sekaligus mengawasi setiap kegiatan operasional perusahaan.

Bisa dibilang bahwa profesi ini menjadi penentu keberhasilan perusahaan. Dengan segudang pengalaman dan beragam skill manajerial yang kamu kuasai, kamu harus bisa menggiring karyawan-karyawan agar bisa mencapai target perusahaan.

Baca Juga : Profil Siti Nurbaya Bakar, Menteri KLHK Perempuan Pertama!

2. Treasury Manager

Trasury Manager I Credit : www.bing.com

Tertarik dengan seluk-beluk keuangan dan memiliki kemampuan di bidang hukum, lebih baik kamu mulai mempertimbangkan untuk meniti karir sebagai treasury yang nantinya berpeluang besar untuk bisa menjadi treasury manager di sebuah perusahaan.

Kamu harus memiliki skill untuk berkoordinasi dengan lembaga keuangan eksternal guna membuat sekaligus memelihara akun dan awareness, meneliti dan melaporkan perubahan keuangan, peraturan, dan hukum yang bisa berpengaruh terhadap lingkungan organisasi, dan lain-lain.

Dengan tugas yang cukup kompleks ini, tidak heran jika pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita sebagai treasury manager bisa kamu dapatkan. Kamu bisa mendapat gaji sekitar Rp 25.000.000 per bulannya, loh!

3. Manager Departemen IT

Manager Departemen IT I Credit : i.pinimg.com

Dunia IT sudah tidak hanya dikuasai oleh laki-laki. Di zaman sekarang, sebagai perempuan kamu pun bisa menguasai dunia IT.

Dilansir dari College Consesnsus, manager departemen IT adalah salah sau pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita. Kamu bisa mendapat gaji mulai dari Rp 21.000.000 per bulannya.

Dengan gaji yang tinggi, otomatis tanggung jawab yang kamu emban juga tidak main-main. Karena pekerjaan ini lebih banyak melibatkan pekerjaan lapangan, maka kamu harus bisa merancang, mengoordinasi, menerapkan, sekaligus menganalisis proyek yang berhubungan dengan IT.

Baik itu untuk mengelola ssitem software maupun hardware kantor, merancang pendekatan dan strategi IT perusahaan, dan mengembangkan database web manajerial.

4. Manager Marketing dan Sales

Manager Marketeng Dan Sales I Credit : www.salesforresearch.com

Pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita selanjutnya adalah manager marketing dan sales. Di Indonesia, kamu bisa mendapat gaji sekitar Rp 40.000.000 per bulan.

Menjadi manager marketing dan sales, berarti kamu memiliki tugas  untuk mengembangkan strategi marketing sekaligus merencanakan rencana penjualan baru untuk perusahaan.

Kamu juga harus bisa mengelola staf dan memastikan tugas-tugasnya bisa dilaksanakan dengan baik guna memenuhi tujuan operasional perusahaan.

Jangan ragu untuk memulai karir sebagai marketing, karena jika kamu serius dan terus mengasah kemampuan, maka bukan tidak mungkin suatu saat nanti kamu bisa menjadi manager marketing dan sales dengan gaji berkali lipat daripada gaji staf.

Baca Juga : 5 Atlet Putri ini Bawa Pulang Medali Emas di PON XX

5. Manager HRD

Manager HRD I Credt : www.openstudycollege.com

Memiliki latar belakang pendidikan S1 hukum atau S1 psikologi? Sepertinya kamu perlu untuk memanfaatkan prospek kerja sebagai HRD dan melanjutkan karir sebagai manager HRD ini.

Umumnya, seorang manager HRD adalah orang yang memiliki latar belakang S1 di bidang tersebut. Seorang manager HRD memiliki tugas untuk merekrut, mewawancarai, sekaligus mempekerjakan karyawan baru.

Selain itu, kamu memiliki jobdesk yang berhubungan dengan gaji, fasilitas, sekaligus pelatihan kerja yang diadakan perusahaan untuk para karyawan. Bahkan, kamu juga harus siap untuk menghadapi dan menyelesaikan konflik yang ada di tempat kerja.

Dengan tugas dan tanggung jawab seperti ini, tidak heran jika manager HRD menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita. Kamu  bisa mendapat gaji sekitar Rp 15.000.000 per bulannya.

6. Air Traffic Controller (ATC)

Air Traffic Controller I Credit : www.careers.govt.nz

ATC sering disebut sebagai pemandu lalu lintas udara. Tugas seorang ACT adalah memberikan layanan pengaturan lalu lintas udara, khususnya pesawat.

Seorang ATC harus bisa membantu mencegah terjadinya tabrakan antar pesawat, antar pesawat yang terlalu dekat satu sama lain, serta menghindarkan pesawat dari adanya kecelakaan dengan apapun itu yang ada di sekitar landasan.

ATC menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita yang bisa kamu perjuangkan, tanpa harus memiliki ijazah S1, loh.

Umumnya, dengan syarat minimal memiliki ijazah SMA dan telah menempuh pendidikan khusus ATC, kamu bisa memiliki profesi gemilang ini. Tidak tanggung-tanggung, gaji yang kamu dapat bisa Rp 15.000.000 per bulan.

7. Makeup Artist Salah Satu Pekerjaan dengan Gaji Tinggi Untuk Wanita

Makeup Artist I Credit : visagistincarinabinder.wordpress.com

Bisa dibilang, profesi sebagai makeup artist cukup menjanjikan di kalangan milenial saat ini. Banyak milenial yang awalnya memiliki hobi makeup kemudian menukarkan hobinya dengan sesuatu yang lebih bernilai.

Kamu bisa menjajal profesi ini tanpa harus memiliki gelar sarjana. Siapapun bisa asalkan memiliki kemampuan untuk merias wajah secara apik. Bisa merias pengantin, graduation, maupun pekerja seni lainnya seperti merias pemain teater, penari, dan lain-lain.

Didukung dengan sertifikasi dan hasil riasan yang apik, kamu berpeluang untuk mendapat penghasilan yang cukup fantastis. Untuk level awal, sekali rias kamu bisa mematok tarif mulai dari Rp 2.500.000 hingga Rp 5.000.000.

8. Graphic Designer

Graphic Designer I Credit : winwin-ad.recuitment.jp

Di era digital, tanpa harus keluar rumah, kamu pun bisa mendapat gaji tinggi, loh! Graphic designer menjadi salah satu pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita yang bisa kamu kerjakan dari rumah.

Banyak perusahaan-perusahaan lama dan startup digital agency yang membutuhkan jasa graphic designer. Kamu bisa mencoba peruntungan untuk bekerja secara full time secara on site atau sebaliknya remote, bahkan freelance dan mencari klien sendiri.

Jika bekerja di perusahaan kamu rata-rata akan mendapat gaji minimal Rp 5.000.000 per bulan, maka bekerja secara freelance dengan value yang kamu berikan, kamu bisa berpeluang untuk mendapat penghasilan dua kali lipat lebih banyak.

Itulah 8 pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita yang bisa kamu tekuni. Tidak harus bekerja on site di perusahaan, bahkan sekarang kamu pun bisa berpenghasilan dari rumah dan bekerja secara remote. Selama kamu yakin dengan kompetensi dan keahlianmu, jangan pernah ragu untuk memperjuangkan karir terbaikmu ya?

Exit mobile version