7 Cara Membersihkan Cincin, Mudah Dilakukan!

Cincin merupakan perhiasan yang banyak sekali ragamnya. Mulai dari cincin emas, cincin permata, cincin tembaga, cincin perak, dan masih banyak lagi. Banyak orang candu dengan ragam cincin yang ada di pasaran dan tidak segan untuk segera mengoleksinya. Apakah kamu termasuk satu diantaranya? Jika iya, sudah tahukah kamu bagaimana cara membersihkan cincin agar koleksi-koleksi cincin kamu tetap terjaga dan terawat dengan baik?

Nah, dalam tulisan ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara membersihkan cincin agar koleksi-koleksi cincin kamu tetap terjaga dan terawat dengan baik. Sebab, cincin yang terawat bisa digunakan dalam jangka panjang secara bergantian daripada sering ganti-ganti cincin setiap saat karena cincin mudah kusam, tidak berkilau, bahkan berubah warna. Tidak enak bukan jika cincin kesayanganmu tidak bisa digunakan dalam jangka panjang?

Cara Membersihkan Cincin Menggunakan Bahan-Bahan yang Mudah Didapat dan Ekonomis

cara membersihkan cincin

Membersihkan cincin ternyata tidak harus menggunakn bahan-bahan mahal, loh! Bahan-bahan ini justru mudah kamu dapatkan dirumah dan sekitar tempat tinggalmu dengan harga yang ekonomis. Apa saja bahan-bahan tersebut dan bagaimana cara membersihkannya? Simak ulasan ini lebih lanjut!

1. Membersihkan cincin menggunakan sabun cuci piring

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan bahan yang satu ini. Kamu bisa menemukannya ketika sedang berada di dapur atau sedang mencuci piring.

Ya, itulah sabun cuci piring. Sabun cuci piring sangat ampuh untuk membersihkan dan mengembalikan kilau cincin. Risiko yang ditimbulkan juga hampir tidak ada, seperti gores, keropos, dan lain-lain.

Ada banyak sekali jenis sabun cuci piring yang beredar di pasaran, seperti sunlight, mama lemon, sabun colek, dan lain-lain. Usahakan untuk memilih sabun cuci piring yang sifatnya liquid ya.

Cara penggunaannya sangat mudah. Kamu cukup mencampurkan beberapa tetes sabun dengan air hangat. Lalu, celupkan kain berbahan lembut ke dalam larutan sabun dan usap cincinmu menggunakan kain tersebut. Bersihkan cincin menggunakan air dingin.

Namun perlu diingat, cara ini sangat bagus digunakan untuk cincin berbahan emas. Jika cincin kamu terbuat dari bahan non emas, lebih baik menggunakan bahan lainnya yang sesuai.

2. Membersihkan cincin menggunakan baking soda

Tahukah kamu, ternyata cara membersihkan cincin juga bisa menggunakan baking soda, loh. Ini karena baking soda  memiliki sifat yang abrasif, sehingga bisa membuat cincin yang awalnya kurang berkilau menjadi lebih berkilau.

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Lalu, oleskan pasta tersebut ke kain yang berbahan lembut sedikit demi sedikit dan lap ke sela cincin sampai nodanya hilang. Terakhir, keringkan cincin menggunakan kain kering tanpa menggunakan air. Kamu tidak perlu menggosok permukaan cincin kuat-kuat agar material cincin tidak terkelupas.

3. Membersihkan cincin menggunakan pasta gigi

Pasta gigi yang kamu gunakan sehari-hari bisa juga digunakan untuk membersihkan cincin, loh! Namun, diantara berbagai macam jenis pasta gigi, pasta gigi yang lebih efektif digunakan adalah pasta gigi yang berbentuk krim ketimbang pasta gigi yang berbentuk gel.

Berikut cara membersihkan cincin menggunakna pasta gigi yang berbentuk krim. Pertama, kamu harus membasahi cincin yang kamu miliki menggunakan air bersih. Setelah itu, oleskan sedikit pasta ke cincin yang kamu ingin bersihkan. Kemudian, lap menggunakan kain yang lembut. Gunakan kain basah yang telah dibasahi menggunakan air hangat untuk membersihkan sisa pasta dan lap menggunakan kain kering hingga benar-benar kering.

4. Membersihkan cincin menggunakan Q-tip

Q-tip atau biasa dikenal dnegan ketambat bisa digunakan untuk membersihkan cincin. Hanya saja, Q-tip ini khusus untuk cincin yang kurang berkilau dan tidak terlalu kotor.

Cara penggunaannya cukup sederhana. Kamu hanya perlu merendam cincin menggunakan air hangat dan membersihkan bagian yang kotor saja. Jangan gosok cincin terlalu keras karena akan membuat permukaan cincin menjadi tergores.

5. Membersihkan cincin menggunakan pembersih khusus untuk logam mulia

Jika cincinmu berbahan dasar logam mulia, kamu bisa memberli produk pembersih yang mencantumkan produk khsusu logam mulia. Pembersih tersebut sangat mudah kamu temukan di pasaran.

Sebisa mungkin, belilah pembersih yang bisa diaplikasikan menggunakan kain agar kamu mudah membersihkannya. Selain itu, pastikan juga bahwa pembersih ini hanya untuk membersihkan cincin yang berbahan dasar logam mulia agar cincin dengan bahan dasar lain tidak mengalami kerusakan.

6. Membersihkan cincin menggunakan garam

Sementara itu, cara membersihkan cincin yang berbahan dasar perak lebih baik menggunakan garam. Hal ini karena garam memiliki manfaat bagus untuk membersihkan perak. Lalu, apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan? Kamu cukup menyiapkan mangkuk, air, soda kue, garam, dan alumunium foil jika ada.

Lanjut ke proses pembuatan larutan. Campurkan semua bahan yang sudah kamu siapkan menjadi satu. Rendam cincinmu selama 20 menit tanpa digosok atau disikat dan bilas menggunakan air bersih.

7. Membersihkan cincin menggunakan lemon

Bahan lemon sangat bagus untuk membersihkan cincin yang berbahan imitasi. Lemon juga mudah didapatkan. Kamu bisa membelinya di supermarket, indomaret, alfamart, dan pasar tradisional.

Kekurangan bahan imitasi ini adalah mudah berubah warna karena bahannya yang memang tidak sebagus emas, berlian, dan perak. Jadi, kamu perlu ekstra dalam merawatnya.

Proses perawatannya bagaimana? Kamu hanya perlu memeras air lemon dan merendam cincin ke dalam laurtan lemon tadi selama kurang lebih 20 menit.

Jangan Lupa Sortir Cincin Terlebih Dahulu

Setelah mengetahui cara membersihkan cincin, ada hal yang perlu kamu ingat, yaitu jangan lupa untuk menyortir cincin terlebih dahulu. Beda cincin, biasanya beda juga bahan yang kamu pilih, bukan?

Kelompokkan cincin yang kamu miliki berdasarkan bahan permbuatannya. Apakah cincin tersebut terbuat dari bahan perak, emas, kuningan, atau imitasi. Hal ini dilakukan agar dalam pembersihkan nanti tidak terjadi kerusakan pada cincin karena kamu tidak memasangkan bahan pembersih dan cincin dengan benar.  

Exit mobile version