5 Atlet Putri ini Bawa Pulang Medali Emas di PON XX

PON XX Papua 2021 | Credit: westpapuadaily.com

PON XX diikuti oleh atlet dari berbagai cabang olah raga, termasuk juga para atlet putri. Bahkan para atlet putri ini berhasil membawa pulang medali emas loh, siapa saja? Yuk kita simak daftar nya berikut ini!

Pekan Olahraga Nasional XX atau biasa disingkat PON XX merupakan ajang olahraga nasional yang diselenggarakan di Papua pada tanggal 20 Oktober sampai dengan 4 November 2021. Ajang olahraga ini diikuti oleh 37 cabang olahraga, yang terdiri dari 7.066 atlet dari 34 provinsi di Indonesia.

PON Papua 2021 sudah dibuka pada tanggal 2 Oktober lalu. Lokasi utama penyelenggaraan berada di Stadion Lukas Enembe. Lokasi tersebut juga dijadikan sebagai tempat pembukaan sekaligus penutupan ajang olahraga nasional ini. PON XX yang awalnya akan diselenggarakan tahun 2020 namun terpaksa ditunda ditahun 2021 karena adanya pandemi Covid-19.

Dari 7.066 atlet yang mengikuti ajang ini, sebanyak 2.890 merupakan atlet putri yang dikirim dari berbagai daerah untuk mewakili provinsinya. Tidak hanya berpartisipasi, mereka juga berhasil memboyong medali emas dari cabang olahraga yang diikutinya, loh. Siapa sajakah mereka? Berikut ini daftar 5 atlet putri yang berhasil memperoleh medali emas yang layak untuk mendapatkan apresiasi!

Atlet Putri Peraih Medali Emas di PON Papua 2021

Para atlet telah lama mempersiapkan diri untuk dapat mengikuti Pekan Olahraga Nasional XX dengan baik, banyak atlet putri yang ikut serta dalam ajang ini dan berhasil menyumbangkan medali emas untuk provinsinya. Hal ini tentu menjadi kebanggan tersendiri sekaligus inspirasi bagi kaum perempuan. Dibawah ini merupakan atlet putri yang berhasil meraih medali emas pada ajang PON XX.

Baca Juga: Profil Siti Nurbaya Bakar dan Prestasinya yang Inspiratif!

1. Ni Kadek Anny Pandini, Peraih medali emas PON cabang Judo

Ni Kadek Anny Pandini
Ni Kadek Anny Pandini, Atlet Judo PON XX | Credit: Dokumen Puspen TNI

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Anny merupakan seorang prajurit TNI. Saat ini dia berdinas di Jasdam IX/ Udayana Bali. Baginya ini bukan kali pertamanya dia mendapatkan emas karena sebelumnya dia sudah berhasil memperoleh emas di PON 2008 Kalimantan, PON 2012 Riau, dan PON 2016 Jawa Barat.

Tidak hanya berprestasi dalam ajang nasional, ternyata Anny juga pernah menjadi juara di tingkat regional, antara lain memperoleh medali perak di SEA Games 2011 Jakarta-Palembang, dan medali perunggu di SEA Games 2013 Myanmar.

Tahun ini Anny berhasil memperoleh kembali medali emas pada cabang olah raga judo di PON 2021 Papua. Prestasinya ini tentu sangat membanggakan, khususnya untuk masyarakat bali karena dia berhasil mengharumkan nama Provinsi Bali dikancah nasional.

2. Stevani Maysche Ibo, Atlet dayung yang berhasil memboyong emas di PON Papua

Stevani Maysche Ibo, Atlet Dayung PON XX | Credit: Wartakotalive.com

 Bertanding di rumah sendiri membuat atlet putri ini semakin percaya diri dan bersemangat selama mengikuti pertandingan. Selain didukung oleh keluarga langsung, Stevani mengaku juga mendapatkan banyak support dari masyarakat papua yang merupakan tuan rumah dalam ajang PON tahun ini.

Stevani berhasil meraih dua medali emas pada cabang olahraga dayung. Dua medali terdiri dari nomor kayak 1 putri jarak 500 meter dan kayak 1 putri jarak 200 meter. Pada jarak 500 meter Stevani berhasil menyelesaikan dalam waktu 2 menit 7 detik, sementara pada jarak 200 meter Stevani mencatatkan waktu tercepat 43,486 detik.

Baca Juga: Dea Valencia, Pengusaha Batik Kultur yang Sukses di Usia Muda

3. Sri Maya, Peraih medali emas PON XX cabang olahraga atletik

Sri Maya. Atlet Atletik PON XX | Credit: sumselsuara.com

Sri Maya merupakan salah satu atlet putri yang berhasil menyumbangkan emas untuk Provinsi Sumatera Selatan. Kali ini dia menjadi juara satu di cabang olah raga atletik PON 2021. Sri Maya berhasil menjadi nomor satu atletik lari 200 meter dan 400 meter.

Sri Maya ternyata adalah seorang Korps Wanita Angkatan Darat berpangkat Serda dari Kesatuan Kumdam/II Sriwijaya. Sebelumnya dia berlatih intensif agar dapat memenangkan ajang olahraga nasional yang satu ini, maka tidak heran jika sekarang dia dapat mendulang emas berkat kegigihannya dalam berlatih.

4. Juliana Klarisa, atlet putri angkat besi peraih medali emas di PON XX untuk Jambi

Juliana Klarisa, Atlet Angkat Besi PON XX | Credit: sporttempo.com

Atlet putri angkat besi asal Jambi yang satu ini memang layak untuk dijuluki sebagai perempuan tangguh, pasalnya dia mampu mengangkat besi dengan total berat 187 kg. Juliana Klarisa berhasil memperoleh medali emas pada cabang olahraga angkat besi di PON XX Papua 2021 yang diselenggarakan di Jayapura Rabu lalu.

Juliana Klarisa merupakan atlet putri binaan Komite Olahraga Nasional (KONI) Kabupaten Sarolangun. Ia sudah dilatih lama, yakni sejak tahun 2014 saat ia masih duduk di bangku SMA. Maka tidak heran jika Klarisa sukses meraih emas pada ajang PON XX tahun ini.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Mata Panda dengan 10 Bahan Alami

5. Dhinda Salsabila, Atlet putri sepatu roda peraih medali emas di PON Papua 2021

Dhinda Salsabila, Atlet Sepatu Roda PON XX | Credit: Suara.com

    Sumber : suara.com

Dhinda Salsabila merupakan atlet putri dari papua yang mengikuti cabang olahraga sepatu roda pada PON 2021. Dia berhasil meraih satu medali emas dan satu medali perak untuk Papua. Sebelumnya dia tergabung dan berlatih dalam klub Papua Cenderawasih Speed Skating.

Dhinda resmi bergabung dengan tim sepatu roda papua pada tahun 2019. Dia berhasil meraih emas di nomor Individual Time Trial (ITT) 200 meter putri. Meski baru berusia 18 tahun, perempuan cantik ini sudah berhasil menorehkan banyak prestasi mulai dari level daerah hingga mancanegara salah satunya SEA Games tahun 2019.

Perempuan-perempuan diatas merupakan atlet putri yang berhasil menyumbangkan medali emas untuk daerahnya. Tentunya akan menjadi kebanggan tersendiri untuk kita semua. Salam olahraga! Torang bisa! PON XX jaya!

Exit mobile version