21 Buah untuk Promil yang Bantu Tingkatkan Peluang Hamil

Setiap pasangan yang sudah menikah pasti memliki tujuan dalam pernikahannya. Salah satunya adalah memiliki sang buah hati. Maka tidak heran jika banyak cara yang diikhtiarkan agar bisa memiliki sang buah hati, seperti konsumsi buah untuk promil, promil secara medis, hingga promil dalam bentuk lainnya.

Nah, berbicara mengenai buah untuk promil, lantas apa saja macam-macam buah yang cocok dikonsumsi sebagai ikhtiar promil? Berikut rekomendasi lengkapnya!

Macam-macam Buah untuk Promil

buah untuk promil
buah untuk promil | credit: Liputan6.com

Ada banyak macam buah yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kesuburan kandungan dan peluang kehamilan. Berikut beberapa daftar buah untuk promil yang bisa kamu konsumsi:

1. Apel

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada apel bermanfaat untuk kesuburan. Di dalam apel juga terdapat sumber zat besi yang penting untuk pasangan yang sedang merencanakan kehamilan.

2. Alpukat

Buah ini mengandung tinggi folat, vitamin K, vitamin E, dan tinggi kalium. Memenuhi kebutuhan asam folat saat melakukan program kehamilan akan meningkatkan kesuburan dan membuat kehamilan sehat. Kandungan lemak alpukat yang tinggi juga baik untuk kesehatan sel telur.

3. Stroberi

Stroberi juga termasuk buah yang bagus untuk kesuburan, karena stroberi kaya akan vitamin C, betakaroten, dan antosianin. Jika kamu mengonsumsi stroberi secara rutin, bisa dipastikan sel telur dalam tubuhmu berkembang dengan sehat.

4. Zuriat

Sebagai salah satu buah untuk promil, buah zuriat memang kurang familiar. Akan tetapi, ternyata buah zuriyat memiliki kandungan anti-oksidan yang bagus untuk meregenerasi sel reproduksi.

5. Kurma

Buah kurma juga bermanfaat untuk kesuburan. Buah kurma muda, kurma matang, maupun kurma kering mengandung kalium, zat besi, kalsium, vitamin B, B6 A, K, antioksidan, asam amino, seng, fosfor, mangan, magnesium, dan serat yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk wanita yang tengah promil.

6. Delima

Buah untuk promil selanjutnya adalah delima. Buah ini memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C, vitamin A, E, B3, asam folat, potassium, serat, dan anti-oksidan yang bagus untuk meningkatkan kesuburan. Bukan hanya perempuan saja yang bisa mengonsumsinya, tetapi juga laki-laki bisa mengonsumsinya.

7. Pisang

Buah ini mengandung vitamin B6 dan asam folat yang tinggi sehingga membuat siklus menstruasi lancar dan meningkatkan kemungkinan hamil.

Pisang kaya akan kalium, kalori, dan zat besi yang penting untuk wanita promil. Potassium yang tinggi pada pisang juga dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

8. Manggis

Salah satu manfaat manggis yakni untuk kesehatan tubuh dalam mempersiapkan kehamilan. Buah ini mengandung mangan, vitamin C, dan asam folat yang sangat penting untuk yang sedang promil. Pada ibu hamil buah ini dianjurkan untuk mencegah bayi prematur dan cacat janin.

9. Mangga

Buah ini kaya akan antioksidan, kalium, vitamin A, B, dan C yang dapat mendukung program hamil. Vitamin A dalam buah ini bermanfaat untuk mendukung perkembangan syaraf dan penglihatan pada bayi.

10. Buah Beri

Rasberi dan blueberi menjadi jenis buah beri yang baik untuk dikonsumsi saat merencanakan kehamilan. Keduanya memiliki kandungan antioksidan alami dan fitonutrien antiinflamasi yang bisa meningkatkan kesuburan pria maupun wanita. 

Buah beri juga mengandung folat dan vitamin C yang dapat menjaga kesehatan janin saat terjadi kehamilan.

11. Semangka

Semangka memiliki kandungan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan ini dapat meningkatkan kesuburan pada pria. Semangka juga memberikan suplai glutathione, jenis antioksidan yang penting untuk kualitas sel telur.

12. Sitrus

Buah-buahan seperti jeruk, grapefruit, lemon, jeruk nipis, dan buah sitrus lainnya memiliki sumber terbaik vitamin C. Tak hanya itu, kandungan potasium, kalsium, kalium, folat, dan vitamin B di dalamnya menciptakan lingkungan yang sehat bagi sel telur sehingga memudahkan terjadinya ovulasi.

13. Pear

Pear bisa meningkatkan kesuburan karena kandungan anti peradangan yang tinggi. Selain itu, kandungan zat besi yang tinggi pada pear juga bisa mencegah terjadinya kerusakan sel telur. 

14. Plum

Buah untuk promil yang satu ini bagus juga kami rekomendasikan untuk kamu yang ingin program hamil. Ini karena, plum memiliki kandungan potasium yang tidak hanya berguna untuk mencegah cacar air di otak dan tulang belakang, tetapi juga berguna untuk meningkatkan kesuburan wanita.

Namun, kalau kamu ingin mengonsumsi plum, harus cek riwayat kesehatan kamu terlebih dahulu. Sebab, buah ini tidak cocok untuk individu yang menderita diabetes atau risiko obesitas.

15. Peach

Peach kaya akan asam nikotinat, vitamin C, dan juga potasium. Kombinasi kandungan dalam buah peach berguna untuk membantu memproduksi folikel penghasil sel telur matang. Tak hanya itu, ketika kamu mengonsumsi buah peach, maka buah ini juga bisa memperkuat tulang dan meningkatkan daya tahan tubuhmu.

16. Tomat

Tomat mengandung likopen, antioksidan kuat yang dapat meningkatkan kesuburan. Sebuah studi menunjukkan, seseorang yang mengonsumsi suplemen likopen sebanyak 4-8mg per hari selama 8-12 bulan mampu meningkatkan kualitas sperma dan tingkat kehamilan.

17. Ara

Buah ara atau buah tin memiliki manfaat untuk kesuburan dari kandungan nutrisinya terutama zat besi yang sangat tinggi sehingga menambah kesuburan baik pria dan wanita.

18. Pepaya

Kandungan nutrisi dalam pepaya seperti vitamin A dan kalsium bisa menyehatkan tubuh terutama bagi yang sedang menginginkan kehamilan.

19. Buah Kundur

Manfaat buah kundur sebagai buah untuk promil terdapat dari kandungan gizi asam folatnya yang tinggi. Asam folat adalah salah satu nutrisi penting yang bagus untuk meningkatkan kesuburan.

Selain itu, buah kundur juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak gampang sakit. Semakin bagus staminanya, semakin tinggi peluang kehamilannya.

20. Buah Parijoto

Buah parijoto untuk promil bisa berdampak untuk kesuburan karena kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, beta karoten, tanin dan saponin. Kandungan beta karoten dalam buah ini juga baik untuk meningkatkan kesehatan sel telur wanita. 

Tidak hanya itu, buah parijoto mengandung beta karoten yang memiliki kemampuan untuk melindungi DNA dan membantu memperbaiki kualitas sperma pria. 

21. Kiwi

Buah ini mengandung tinggi vitamin C yang dapat melindungi sperma dari oksidasi dan melindungi sel DNA dalam sperma dan sel telur.

Itulah macam-macam buah untuk promil yang bisa kamu jadikan ikhtiar. Seandainya kamu ingin ikhtiar promil dengan aneka macam buah di atas, buah mana saja yang akan kamu konsumsi?

Exit mobile version